Mengerikan! Truk Tronton Hantam Puluhan Kendaraan, 21 Orang Tewas Mengenaskan

SWARAJAMBI.ID -- Kecelakaan maut yang diduga disebabkan oleh blongnya rem truk tronton, terjadi di persimpangan Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (21/1/2022). Kecelakaan yang melibatkan beberapa kendaraan itu mengakibatkan 21 orang meninggal dan empat orang luka berat.

Dari pantauan CCTV terlihat jelas kecelakaan terjadi melibatkan truk tronton yang melaju kencang dari arah belakang menghantam sejumlah kendaraan bermotor yang sedang berhenti di lampu merah.

Dari video yang beredar, sejumlah korban bergelimpangan di jalan yang langsung dibantu evakuasi oleh warga setempat yang menyaksikan kejadian tersebut. 

Saat ini, pengemudi truk berinisial MA (48) sudah diamankan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim.

Dalam suratnya kepada Kapolda Kaltim, sebagaimana diunggah akun Instagram @romansasopirtruck, Dirlantas Polda Kaltim menyampaikan kronologis kejadian nahas tersebut. 

Sopir truk tronton KT-8534-AJ dilaporkan berangkat dari parkirannya di Jl Pulau Balang Km 13, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara dengan muatan kontainer 20 fit, yang berisi kapur pembersih air dengan berat 20 ton yang hendak diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Utara.

Sesampai di depan Rajawali Foto Km 0,5, MA mulai mengurangi persneling dari 4-3. Namun, begitu tiba di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi.

Truk tronton pun meluncur tak terkendali, dan menabrak yang ada di depannya di persimpangan Muara Rapak, yang jalannya menurun. Kala itu, sejumlah kendaraan sedang menunggu pergantian lampu merah. 

"Seingat sopir truk tronton, yang pertama kali ditabrak pengendara sepeda motor," demikian bunyi petikan surat, dalam postingan yang memasang foto sopir truk tersebut. 

Berdasarkan data sementara, jumlah korban meninggal dunia dilaporkan mencapai 21 orang, dan empat orang luka berat. Sementara korban luka ringan, belum terdata. 

Peristiwa kecelakaan tersebut mengakibatkan lampu merah roboh dan pagar pembatas jalan rusak. Enam kendaraan roda empat serta dua angkot warna merah dan biru rusak. Dua mobil pribadi dan dua mobil pick up juga ikut jadi korban.

Selain itu, 14 kendaraan roda dua juga jadi sasaran. Para korban dibawa ke RSU Khanujoso, RSU Beriman.(*/sj)



sumber:rm.id