Resmikan Galeri UMKM Anyar di Talangbanjar, Ini Pesan Wakil Walikota Maulana

Wakil Walikota Jambi Maulana

SWRAJAMBI.ID, JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana meresmikan galeri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anyar di Kelurahan Talangbanjar, Rabu (16/2). Galeri UMKM itu diharapkan bisa mempromosikan beragam produk yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar.

"Karena di sini pelaku UMKM terutama ibu-ibu (emak-emak) jumlahnya sangat besar. Totalnya di Kelurahan Talang Banjar ini ada sebanyak 438 UMKM, makanya salah satunya kita fasilitasi melalui galeri UMKM ini, sebagai upaya membantu untuk pemasarannya," kata Maulana.

Dia menambahkan, selain terdapat galeri UMKM, di halaman Kantor Lurah Talangbanjar ini juga terdapat pembudidayaan hidroponik dan kolam ikan. 

"Ini sesuai dengan tema pembangunan kita, yaitu meningkatkan daya saing daerah dan pariwisata untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Pemkot Jambi sebut Maulana, telah berkomitmen akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para pelaku UMKM di Kota Jambi. Hal itu dilakukan supaya UMKM mampu bertransformasi ke dunia digitalisasi, baik dari segi pemasaran maupun pelayanan.

Tak hanya itu, Kota Jambi sebagai pusat ibu kota Provinsi Jambi, diharapkan Maulana dapat menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku UMKM di Kota Jambi. Dengan memanfaatkan momen kedatangan warga luar Kota Jambi, baik untuk berbelanja maupun keperluan lainnya di Kota Jambi.

“Tentu UMKM tidak hanya sekedar UMKM. Mampu berinovasi. Sebab, di masa pandemi ini, UMKM terus eksis walaupun omset menurun. Ini merupakan peluang bisnis. Kami, pemerintah wajib menyediakan infrastruktur yang dibangun juga punya daya ungkit ekonomi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga fokus mendorong pergerakan UMKM dalam rangka meningkatkan lajur pertumbuhan ekonomi dan mengatasi kemiskinan di Kota Jambi.

“Data statistik kemiskinan yang ada, perempuan lebih mendominansi. Untuk itu, ibu-ibu akan digerakan kembali. Mereka mulai diberi pembekalan, pelatihan dan pemberian keterampilan secara berkelompok. Akses modal kita permudah. Untuk pemula yang baru mulai usaha, bisa dibantu pinjaman modal Rp 3-5 juta," imbuhnya.(*/sj)