Jelang Lebaran, Pinto Pantau Harga Sembako di Sarolangun dan Merangin


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jaya Negara melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin pada Rabu (20/4/2022). Di kedua kabupaten ini Pinto mengecek langsung ketersedian dan harga sembako jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Dalam kunjungan kerjanya itu Pinto didampingi  Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Sarolangun Trianto dan Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Merangin serta Kepala Cabang Bulog Sarko. 

Pinto mengatakan dirinya sengaja turun untuk memastikan pemerintah daerah memenuhui ketersediaan  sembako dan menjamin stabilitas harga sembako.

Selain itu Pinto juga ingin menggali informasi kendala-kendala yang dihadapi pemerintah daerah menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Hasil pantauan kami di lapangan alhamdulillah ketersedian stok sembako di dua kabupaten tersebut cukup aman. Harga juga sangat stabil," ujar Pinto.

"Ada beberapa produk, seperti daging mulai naik harganya. Namun secara keseluruhan cukup normal. Bahkan cabai, harganya turun dua ribu sampai tiga ribu rupiah per kilo," terangnya.  

Pinto mengharapkan stok sembako di dua kabupaten itu selalu stabil sampai pasca lebaran.

Mengenai BBM, khusus Merangin, stok pertalite agak bermasalah. Karena banyak pembeli beralih dari pertamax ke pertalite akibat mahalnya harga pertamax yang naik drastis.

“Distribusi BBM dari Jambi  juga bermasalah, karena keterlambatan angkutan,” ujar Pinto.

Kadis Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sarolangun Trianto menyatakan  harga sembako aman dan stabil.  Hanya daging sapi dan daging ayam serta kacang-kacangan yang merangkak naik.

Sementara stok minyak goreng curah  kini mencapai 102 ton. Namun ada sedikit masalah karena Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2022 terkait HET sampai ke tingkat pengecer hanya Rp 15.500.

“Banyak pengecer yang tidak mau menjual dengan harga itu,” ujar Trianto.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Merangin Sadli juga menggungkapkan hal yang sama.

"Stok sembako di Merangin cukup aman. Harganya juga stabil. Kami bekerja sama dengan Bulog Sarko melakukan operasi pasar murah di beberapa kecamatan,” kata Sadli.(*/sj)