Pembeli Buah Tewas Mengenaskan Gegara Uang Rp 3 Ribu


 SWARAJAMBI.ID, MUAROBUNGO -- Pedagang buah berinisial R yang berjualan di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kabupaten Bungo, Jambi, terpaksa berurusan dengan polisi. Pasalnya, R tega membunuh AS yang tak lain konsumennya dengan menggunakan pisau pemotong buah.

Peristiwa berdarah itu terjadi setelah pelaku R dan korban AS terlibat cekcok  di lapak buah pelaku di Pasar Tradisional Modern, Sabtu (9/4/2022). 

Sejumlah saksi mata  mengungkapkan keduanya sempat terlibat perang mulut sebelum terjadi penikaman. Namun para saksi mata tidak mengetahui persis  penyebab keributan itu terjadi. Banyak yang menyebut disebabkan  kekurangan pembayaran pembelian buah oleh korban AS sebesar Rp 3 ribu.

“Sebenarnya, saya juga tidak tau pasti penyebabnya pak. Tapi, informasi yang saya dapat tadi hanya kurang bayar tiga ribu, awal dari keributan itu. Mungkin dia mengeluarkan bahasa kasar, sampai pedagang itu marah,” kata Adi.

Ia  mengatakan keributan terjadi, setelah beberapa menit pelaku R dan korban AS perang mulut. Pelaku R yang emosi langsung mengejar pelaku dengan membawa pisau pemotong buah, dan langsung menikam korban.

“Sebelumnya mereka cek-cok. Pedagang itu emosi, mengejar korban dengan membawa pisau potong buah, akhirnya terjadilah perkelahian yang mengakibatkan korban mengalami penusukan,” jelasnya.

Usai menikam korban, pelaku R langsung kabur dan meninggalkan lapak buahnya.

Sementara Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro membenarkan atas peristiwa tersebut. Hingga saat ini, Tim Satreskrim Polres Bungo masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Ya benar, saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut. Sementara, pelaku masih dalam pengejaran,” kata Guntur.

Kapolres menyebutkan, untuk penyebab pelaku yang tega melakukan penikaman terhadap korban, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan olah TKP untuk mengetahui penyebab terjadinya peristiwa tersebut.

“Sampai saat ini, kita masih melakukan penyelidikan, untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kejadian itu, yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” ujarnya.

Kapolres juga menjelaskan, Pelaku R dan Korban AS, merupakan pedagang dan pembeli buah di pasar Atas Muaro Bungo itu terjadi, diduga disebabkan karena pedagang tak terima pembayaran buahnya kurang oleh pembeli.

“Hanya masalah pembayaran, korban AS mengalami luka-luka tusuk yang cukup parah. Akibatnya korban AS meninggal dunia dengan bersimbah darah, dan dilarikan kerumah sakit,” katanya.(*/sj)