Menang 2-1, Indonesia Permalukan Tuan Rumah Kuwait


 SWARAJAMBI.ID --  Timnas Indonesia berhasil bungkam tuan rumah Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu 8 Juni 2022. Pada laga pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A ini skuad Garuda menang  2-1.

Dua gol milik Indonesia dicetak oleh Marc Klok menit 44 dan Rachmat Irianto  menit 47. Sementara gol tunggal Kuwait lewat tandukan Yousef Al Sulaiman menit 40.

Meski kurang diunggulkan, armada Shin Tae-yong justru mendapatkan banyak peluang. Indonesia mendapatkan peluang emas di menit 16. Berawal dari kerja sama apik, Marc Klok mendapatkan ruang tembak. Namun, tendangan pemain Persib Bandung ini membentur pemain lawan dan berbuah sepak pojok.

Indonesia kembali memiliki kesempatan di menit 30. Saddil Ramdani melewati beberapa pemain tuan rumah. Sayang, tendangan pemain Sabah FC ini masih melebar.

Tekanan bertubi-tubi terus dilakukan Indonesia. Dari mulai aksi dari Marc Klok hingga percobaan dari Pratama Arhan. Namun, gol tak kunjung tercipta.

Terus menyerang, Indonesia melupakan pertahanan. Kuwait unggul lebih dulu di menit 40 lewat tandukan dari Yousef Al Sulaiman.

Namun keunggulan Kuwait tidak berlangsung lama. Pasalnya, Indonesia menyamakan kedudukan di menit 44. Tendangan penalti Marc Klok mampu mengecoh kiper Kuwait Hussain Kankone. Penalti itu diberikan setelah Rachmat Irianto dijegal kiper Hussain Kankone.

Perubahan pemain dilakukan Shin Tae Yong di babak kedua dengan memainkan Muhammad rafli dan Witan Sulaeman. Perubahan itu terbukti ampuh.

Indonesia berbalik unggul. Rachmat Irianto membawa Indonesia unggul 2-1 di menit 47.

Kuwait sempat menjebol gawang Indonesia di menit 50. Beruntung, gol tersebut dinyatakan offside.

Indonesia memiliki sejumlah peluang untuk menambah gol. Di antaranya lewat aksi Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai. 

Hasil ini membuat Indonesia memimpin Grup A dengan 3 poin dan berpeluang besar lolos ke Piala Asia. Selanjutnya, Indonesia akan bersua Nepal, Minggu dini hari WIB, 12 Juni 2022.(*/sj)