Protes Truk Batubara, Warga Sridadi Blokir Jalan lintas Muaratembesi-Muarabulian


 SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN-- Ratusan warga Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, melakukan aksi blokir jalan lintas Muaratembesi-Muarabulian. Akibatnya jalur dari dua arah mengalami kemacetan panjang.

Aksi protes yang berlangsung di RT 16 Simpang Malapari, Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muarabulian, Senin (6/6/2022) ini dilakukan warga karena kesal kepada truk pengangkut batu bara yang tidak mengikuti aturan.

"Hari ini kami bersama-sama turun ke jalanan demi menegakkan surat edaran Gubernur Jambi Nomor 1165/Dishub-3.1/v/2022. Agar seluruh armada batu bara  mematuhi surat edaran itu. Melintas mulai pukul 18:00 WIB," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sridadi Nahrowi.

Akibat tidak patuh itu, lanjutnya membuat jalan pada kawasan ini macet. Karena armada batu bara memarkirkan kendaraannya di sepanjang jalan lintas Kelurahan Sridadi.

“Kami ingin angkutan batu bara ikuti aturan yang telah ditetapkan, apalagi jam operasional,” ujarnya

Aksi warga yang berkumpul di Posko Satgas Angkutan Batu Bara ini berjalan damai.

Karena telah membuat kemacetan, kepolisian kemudian bernegosiasi dengan warga. Kapolres Batanghari AKBP M Hasan terjun ke lokasi kejadian untuk memediasi warga.

Kapolres meminta warga untuk membuka pemblokiran jalan agar tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan, dan meminta kepada warga masyarakat agar permasalahan ini diselesaikan secara musyawarah dan dilakukan mediasi dengan Pemerintah Daerah. Tak lama kemudian warga membuka jalan yang diblokir.(*/sj)