Bebas PMK, Sapi Kurban Jokowi akan Disembelih di Kumpeh Ulu, Beratnya 830 Kilogram

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan bantuan hewan kurban berupa sapi Brahman Cross yang berusia 4 tahun kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Sapi dengan berat 830 kilogram tersebuta akan disembelih di area Masjid Al Ikhsan di Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi

"Gubernur Jambi Al Haris yang menyerahkan sapi kurban presiden tersebut kepada pengurus  Masjid Al Ikhsan,” ujar Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Provinsi Jambi Muktamar Hamdi kemarin.

"Pemprov berharap, sapi kurban milik Presiden tersebut dapat bermanfaat bagi mayarakat di lingkungan Masjid Al Ikhsan, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu," sambungnya.

Muktamar juga mengatakan kondisi sapi dipastikan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dan tim juga terus memantau kondisi secara berkala dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu untuk memastikan kondisi sapi tetap dalam keadaan baik dan sehat.

“Pemeriksaan kesehatan tentunya terus dilakukan, sebelum diserahkan ke panitia kurban juga dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter hewan," katanya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kurban oleh Presiden Jokowi di Provinsi Jambi dilakukan di lokasi yang berbeda dalam setiap tahunnya. Pada tahun 2020 lalu, Presiden Jokowi melaksanakan kurban di Kecamatan Mendalo, Kabupaten Muarojambi. Kemudian pada tahun 2021 dilaksanakan di Mesjid Raya Al Munawarrah, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi.

Muktamar berharap, ini menjadi motivasi bagi peternak, sehingga kedepan ternaknya dapat terpilih sebagai sapi kurban Presiden. Diketahui, sapi kurban Presiden tahun ini senilai Rp 110 juta milik peternak dan pedagang hewan kurban Moro Seneng, Satiman di Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.(*/sj)