Pesawat Tempur TNI Jatuh di Hutan Pertapan Blora

SWARAJAMBI.ID – Pesawat T-50i Golden Eagle Skuadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, yang dilaporkan hilang kontak telah ditemukan. Pesawat tempur milik TNI AU itu jatuh di Hutan Pertapan Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Kini pesawat yang dipiloti Lettu Pnb Allan Safitra Indera W masih terus diselidiki oleh pihak berwenang.

Sejumlah petugas gabungan dari TNI, Basarnas, BPBD, hingga pihak kepolisian masih terus melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Dikutip dari laman Kompas.com, sebelum peristiwa tersebut terjadi, sempat terdengar suara gemuruh yang cukup kencang, yang didengar oleh warga sekitar.

"Iya dengar suara gemuruh pesawat terus ada ledakan," ucap salah seorang warga, Galiman, saat ditemui wartawan di sekitar TKP, pada Selasa (19/7/2022)

"Lokasinya di tengah-tengah hutan," kata dia.

Setelah sampai di lokasi, kondisi pesawat tersebut telah hancur.

"Terus saya lihat ke sini, tiba-tiba di sini sudah hancur semua," ujar dia.

Menurut dia, tidak hanya ada satu pesawat yang berada di kawasan hutan tersebut.

"Kemungkinan ada dua pesawat, terus yang satu jatuh, terus ada lagi mungkin cari temannya kok enggak ada, terus balik lagi ke Madiun," terang dia.

Ia juga menambahkan, kawasan hutan Nginggil sering digunakan oleh TNI AU untuk latihan terbang.

"Kawasan ini sering digunakan untuk latihan pesawat tempur, karena kondisi hutannya yang tidak terlalu banyak pohon tinggi," ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, tempat jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU jauh dari pemukiman.

Jarak dari pemukiman ke lokasi kejadian sekitar 3 kilometer dengan kondisi geografis yang cukup terjal.

Sebelum hilang kontak, pilot pesawat T-50i Golden Eagle, Lettu Pnb Allan Safitra Indera W sempat melakukan kontak dengan flight director, pada pukul 19.25 WIB, Senin (18/7/2022) malam. Namun, setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.(*/sj)