Terdeteksi Bawa Air Zamzam, 50 Koper Milik Jemaah Haji Dibongkar Petugas


 SWARAJAMBI.ID – Puluhan koper jamaah haji Indonesia terpaksa dibongkar oleh petugas Air Gate. Pasalnya, perusahaan kargo yang ditunjuk maskapai Garuda Indonesia itu menemukan air zamzam dalam jumlah banyak dalam puluhan koper jemaah haji yang akan pulang kembali ke tanah air.

Kepulangan jemaah haji Indonesia sendiri telah dipastikan terjadi pada Jumat esok, 15 Juli 2022.

"Dari hasil pemeriksaan x-ray terhadap 393 koper jamaah Kloter Padang 1, ada 50 koper kedapatan berisi air zamzam," kata Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul), PPIH Daerah Kerja Bandara, Edayati Dasril mengungkapkan, dikutip Swarajambi.id dari Antara News.

"Dari 50 koper yang dibongkar, terdapat air zamzam dalam jumlah beragam, mulai dari beberapa botol hingga dua liter," sambungnya.

Eda selaku petugas Air Gate, lantas menegaskan permintaan untuk air zamzam tidak dimasukkan dalam koper bagasi jemaah haji.

Bahkan, sosialisasi tidak boleh membawa air zamzam dalam bagasi telah terus diupayakan pihaknya sejak sebelum berangkat.

Hal ini tak lain bertujuan untuk membuat kepulangan jemaah haji sesuai aturan keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Penerbangan kita itu cukup lama, kalau ke Jakarta saja butuh waktu kurang lebih 9 jam, ke Solo sekitar 10 jam, ke Makassar sampai 12 jam," ujarnya menerangkan.

"Jadi ini berpotensi pecah dan merembes yang bisa membahayakan penerbangan. Kami tetap mengacu kepada aturan keselamatan dan keamanan penerbangan," ujarnya menegaskan.

Sementara itu, para jemaah haji yang tiba di Indonesia akan menerima Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH).

Diketahui, setiap penerima K3JH akan mendapat pengawasan oleh Dinas Kesehatan masing-masing.(*/sj)