Buka Kejuaraan Catur Cepat Antar Pelajar, Bastari Apresiasi Pembinaan Atlet Catur

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Ratusan pecatur berbagai tingkat sekolah dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi memenuhi ruangan Diamond di Golden Harvest Hotel, Kota Jambi, Kamis, 11 Agustus 2022. Disini mereka mengikuti Kejuaraan Catur Cepat Antar Pelajar se Provinsi Jambi yang digelar Percasi Jambi.

Hadir dalam pembukaan kejuaraan, Kepala Diskepora Jambi Ahmad Bastari, Ketua KONI Jambi Budi Setiawan, ketua Percasi Jambi Anwar Harminto, ketua panitia Hendri Hutabarat serta pengurus Pengcab kabupaten/kota.

Dalam sambutan Ahmad Bastari mengatakan kejuaraan yang digelar ini jangan dijadikan kegiatan olahraga rutin saja. Tetapi bagaimana dalam kejuaraan antar pelajar ini melahirkan pecatur muda yang berprestasi yang bisa diandalkan kedepannya untuk Jambi.

"Saya berharap, kejuaraan yang digelar Percasi Jambi bisa melahirkan atlet yang berprestasi. Bisa diandalkan kedepannya," ujar Bastari, saat membuka secara resmi Kejuaraan Catur Cepat Antar Pelajar se Provinsi Jambi ini.

Bastari juga sangat bangga melihat antusias peserta yang memadati ruangan Diamond. Ia berjanji lewat bidang prestasi akan menganggarkan khusus untuk menciptakan prestasi atlet muda dengan rutin menggelar kejuaraan pelajar seperti yang digelar Percasi Jambi.

"Kita akan siapkan anggaran khusus untuk menciptakan prestasi atlet pelajar atau pemula," katanya.

Ketua KONI Jambi Budi Setiawan dalam kesempatan yang sama mengatakan hari ini, pecatur pelajar memiliki hari yang istimewa sebab ada turnamen catur yang bergensi. “Bagi pemula, kejuaraan ini pasti sangat dinantikan. Mudah-mudahan turnamen ini akan membawa catur Jambi maju," ujarnya. 

Budi juga memberitahukan bahwa pekan olahraga provinsi (porprov) jadi digelar di tahun 2023. Dan olahraga catur, turut dipertandingkan dengan banyak memperebutkan medali emas.

"Kita berharap, para juara di kejuaraan antar pelajar ini bisa memperkuat daerahnya masing-masing," ujar Budi.

Budi juga menyampaikan keberhasilan yang diraih para atlet Jambi di PON Papua dan SEA Games Vietnam. Tentunya mempersembahkan medali emas, perak, dan perunggu sehingga mengharumkan nama Jambi di pentas nasional dan internasional.

"Yang di PON Papua, kita naik peringkat. Lebih baik dari PON sesudahnya, diperingkat 18. Yang SEA games, meski jumlah atlet kita sedikit, namun semuanya dapat medali," katanya.

Sebelumnya Ketua Percasi Jambi Anwar Harminto mengungkapkan kejuaraan ini merupakan turnamen yang kedua diselenggarakan Percasi Jambi. Dari kejuaraan ini, Anwar mengatakan telah banyak melahirkan pecatur andal dan berprestasi. Diantaranya Yelmi Jelsen, pecatur asal Sarolangun. Yang kini telah menjadi pecatur nasional yang karirnya gemilang yang dimulai dari nol lewat kejuaraan antar pelajar.

"Lewat kejuaraan ini akan lahir Yemi Jelsen lainnya, harapan kedepannya. Apalagi olahraga catur biayanya murah dan tidak memerlukan tempat yang luas, dibandingkan dengan olahraga lainnya, kata Anwar.

Ia juga berharap Diskepora tetap memberikan suport dan dukungan dana untuk program Percasi Jambi dalam menciptakan atlet muda yang berprestasi. 

"Ya, kita berharap pelajar-pelajar yang mengikuti kejuaraan antar pelajar untuk tidak berhenti sampai disini," pungkasnya.

Ketua panitia Hendri Hutabarat menambahkan para peserta tidak hanya berasal dari Kota Jambi saja meski mendominasi. Namun juga ada dari Kabupaten Tebo, Muarojambi, Sarolangun, Batanghari, Merangin, Tanjab Timur, Bungo, Tanjab Barat, dan Kerinci ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini. 

"Bobot peserta juga meningkat. Karena beberapa pecatur yang sering juara pada berbagai even catur dan nasional juga ikut ambil bagian,” katanya.

Usai membuka kejuaraan, Bastari didaulat panitia bermain catur sebagai tanda dimulainya kejuaraan. Lawannya adalah ketua KONI Jambi Budi Setiawan. Duel sengit ini berakhir remis.(*)