Singkirkan Myanmar Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia Tembus Final Piala AFF U-16

SWARAJAMBI.ID – Timnas Indonesia sukses raih tiket final Piala AFF U-16. Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu ( 10/8/ 2022) malam, skuat besutan pelatih Bima Sakti menyingkirkan Myanmar lewat adu penalti setelah pertandingan normal berakhir 1-1. Pada laga semifinal itu M Ikbal dkk unggul 5-4 atas Myanmar dan skor akhir 6-5.

Di babak adu penalti, Indonesia bisa unggul atas Myanmar, usai satu penendang lawan yakni Shine Wanna Aung gagal menceploskan bola ke gawang Indonesia. Sementara Indonesia, semua eksikutornya sukses menjalankan tugasnya.

Pada partai final, Indonesia akan menghadapi Vietnam. Duel akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat ( 12/8/2022).

Mengandalkan duet Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil sebagai ujung tombak, beberapa kali Timnas Indonesia U-16 berhasil menekan pertahanan Myanmar sepanjang babak pertama.

Alih-alih mencetak gol, gawang Indonesia malah kebobolan pada menit ke-43 karena kesalahan komunikasi di lini belakang.

Kiper Andhika Fathur dan bek Indonesia berusaha berebut menghalau bola. Bola liar kemudian mendarat di kaki Nay Min Htet, yang tak terkawal. 

Tanpa ampun dia memasukkan bola ke gawang. Myanmar unggul 1-0, yang bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Indonesia langsung tancap gas dengan melancarkan sejumlah tekaan. Peluang demi peluang berhasil didapatkan.

Usaha Timnas U-16 akhirnya membuahkan hasil, Riski Afrisal bisa menceploskan bola ke gawang Sai Thi Ha Nang lewat tendangan bebas langsung pada menit ke-69. Skor menjadi 1-1.

Skor imbang ini bertahan sampai pertandingan normal.(*/sj)