15.100 Dosis Vaksin Moderna Disiapkan Dinkes Jambi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi terus mempercepat vaksinasi masyarakat di Provinsi Jambi. Dinkes akan menggunakan vaksin moderna untuk memvaksin masyarakat. Sebelumnya vaksin moderna ini hanya ingin digunakan untuk tenaga kesehatan saja.

“Nanti akan kita suntikkan ke masyarakat juga, bagi mereka yang belum divaksin sama sekali,” kata Raflizar, Plt Kadinkes Provinsi Jambi, Senin (30/8/2021).

Vaksinasi Covid-19 buatan dari Amerika Serikat ini telah disiapkan di Jambi.  Raflizar menyebutkan, memang sebelumnya vaksin ini hanya digunakan untuk tenaga kesehatan sebagai booster vaksin ketiga. Namun, karena ini diyakini kemanjurannya 94 persen, maka juga akan digunakan ke masyarakat.

“Vaksin moderna ini cukup tangguh menangani Covid-19, dari penyuntikan kepada tenaga medis yang ada saat ini, belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Vaksin jenis ini di Jambi,” tambahnya.

Saat ini di Jambi ada sebanyak 15.100 dosis vaksin moderna yang dikirim langsung dari Kemenkes beberapa minggu lalu. Kemudian, pada 24 Agustus lalu, ada beberapa penambahan vaksin moderna. Sehingga untuk stok yang ada saat ini mencapai 98.994 dosis.

Dari puluhan ribu dosis itu, kata Raflizar, nakes dan warga Jambi dapat mengakses vaksin moderna puskesmas. “Sudah ada moderna untuk tenaga kesehatan dan masyarakat umum. Untuk masyarakat kita siapkan 2 dosis, biar jangan dosis kedua kekurangan,” sebutnya.

Menurut Raflizar untuk penyaluran vaksin ini ke kabupaten dan kota bergantung dengan kebutuhan diperhitungkan dinas kesehatan masing-masing. Vaksin datang dari kemenkes lalu disebarkan ke kabupaten dan kota, karena sudah ada penyimpanannya. “Kita tinggal menyalurkan saja. Kebutuhan tercatat dari masing-masing dinkes,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk target sasaran vaksinasi di Jambi berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan PEN (KPCPEN) terdapat sasaran 2,6 juta orang di Jambi yang masuk kategori penerima vaksin. Seperti nakes, lansia, pelayanan publik dan remaja.(*/sj)