16 Tahun Beroperasi, RS MMC Kini Tutup Selamanya

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Rumah Sakit (RS) Mayang Medical Center (MMC) tidak lagi beroperasi. Rumah sakit yang berada di Jalan Ir H Juanda, Mayang, Kota Jambi, ini resmi menghentikan  operasionalnya sejak 8 Agustus 2021. Tutupnya rumah sakit MMC tersebut karena sepinya penanganan pasien  pasca tidak lagi bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Terhitung Rumah sakit MMC hanya beroperasi selama lebih kurang 16 tahun. Sebab MMC mulai buka operasional pada 8 Agustus 2005.

Dirut RS MMC, dr Niza yang dikonfirmasi membenarkan Rumah Sakit MMC tutup. Namun dr Niza tidak mau berkomentar lebih banyak.

“Emang sudah ditutup, kita sudah lapor ke dinas. Saya sudah penuhi kewajiban terhadap karyawan. Udah ya, makasih ya,” kata dia, sembari mematikan telpon

Kini di gedung MMC tersebut sudah kosong. Alat kesehatan dan pelengkapan lainnya sudah tidak ada lagi. Hanya ada beberapa petugas yang berjaga.

“Sudah tutup. Ini tinggal lagi arsip-arsip rumah sakit yang mau dibawa keluar. Barang-barang lainnya sudah dibawa semua,” kata petugas yang tidak bersedia namanya ditulis.

Petugas tersebut mekatakan, pihaknya hanya bekerja menjaga aset yang masih tersisa. Jika tidak lagi ada aset yang harus dijaga maka mereka juga tidak lagi dipekerjakan.

“Sampai bulan depan paling. Ini sudah dijual pemiliknya,” katanya. 

Terpisah, Kadis Tenaga Kerja UMKM dan Koperasi Kota Jambi Komari mengatakan, sebelum resmi menutup operasionalnya RS MMC sudah terlebih dahulu melaporkan pada pihaknya.

“MMC sudah melapor ke Disnaker beberapa bulan lalu menyatakan akan tutup, karena pengunjungnya sudah berkurang. Tidak imbang lagi, maka ditutup oleh pengusahanya,” kata Komari.

Komari menambahkan ada 163 karyawan MMC yang akan diselaikan haknya secara bertahap. “Karena pandemi ini sehingga bertahap. Sampai hari ini masih aman-aman saja, tidak ada laporan karyawannya,” imbuhnya.

Untuk hak karyawannya sebut Komari tergantung masa kerja. Hal tersebut juga berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan para karyawan. (*/sj)