Akhir Agustus Penyuntikan, Pemkot Siapkan 920 Vial Vaksin Moderna untuk Masyarakat

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Vaksin Moderna segera disuntikan untuk masyarakat umum. Vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat tersebut sudah disiapkan Pemkot Jambi sebanyak 920 vial. Rencana penyuntikan akan berlangsung mulai akhir Agustus 2021 ini.

Wakil Walikota Jambi Maulana mengatakan, sesuai regulasi Pemerintah Pusat memang Vaksin Moderna sudah diperbolehkan untuk disuntikan pada masyarakat umum. 

“Ini hanya untuk masyarakat yang belum pernah divaksin. Bagi yang sudah vaksin sinovac tidak lagi, yang baru dosis pertama sinovac silahkan lanjut dosis sinovac,” kata Maulana, di kediamannya, kemarin (26/8).

“Untuk masyarakat yang memang belum sama sekali vaksin, bisa langsung suntik vaksin Moderna. Khusus tenaga kesehatan memang dilakukan penyuntikan ketiga dengan dosis Moderna,” tambahnya.

Tujuan dikebut vaksinasi ini untuk mempercepat akselerasi tingkat kekebalan komunitas di masyarakat mencapai herd immunity sehingga bisa menekan kasus kematian, dan keparahan covid-19.

"Orang yang sudah antibodynya terbentuk jika ada virus  masuk maka tidak separah orang yang belum ada antibody dalam tubuh," jelasnya.

Ia mengungkapkan, ada perbedaan efek dari dosis Vaksin Moderna tersebut dari Vaksin Sinovac. “Pengalaman dan juga laporan, pada Moderna ini gejala dan respon dari vaksin relatif lebih tinggi. Sinovac kan ringan,” katanya.

Nanti tiga hari pasca imunisasi dosis Moderna  akan terjadi peningkatan suhu tubuh, nyeri pada lengan kiri yang disuntik dan sekitarnya.

“Sampai ke dada juga terasa nyeri. Tapi itu tidak membahayakan, yang penting harus instirahat, tidak boleh beraktifitas yang aerobik,” ungkapnya.

Perlu disampaikan tenaga kesehatan kepada masyarakat untuk tidak panik. “Saat ini kita prioritaskan Vaksin Moderna untuk usia 18 tahun ke atas,” ujarnya.

Masyarakat bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan, khususnya RS Abdul Manap untuk mendapatkan penyuntikan Vaksin Moderna tersebut. “Pendafatran melalui aplikasi yang disediakan,” ujarnya.

Sementara Kadinkes Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, pihaknya menyiapkan 920 vial Vaksin Moderna untuk masyarakat. Satu vial tersebut bisa untuk 14 dosis (orang). Artinya jika ada 920 vial maka bisa untuk 12.880 dosis.

 “Kalau untuk nakes cuma sekali, tapi untuk masyarakat yang memang belum vernah vaksin maka tetap diberi dua kali,” tukasnya.(*/sj)