Antisipasi Kasus Covid-19, Presiden Jokowi Janji Bantu 100 Konsentrator Oksigen untuk Sumbar

 

SWARAJAMBI.ID - Masalah oksigen di Sumatera Barat segera teratasi. Presiden Joko Widodo berjanji membantu menyediakan 100 konsentrator oksigen untuk Provinsi Sumatera Barat. Bantuan untuk antisipasi kasus  Covid-19 ini direncanakan akan tiba di Ranah Minang dalam waktu dua hari ke depan.

Pemberian bantuan itu disampaikan Presiden Jokowi langsung kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi melalui sambungan telepon pada Kamis (5/8/2021).

"Iya tadi sore saya dihubungi presiden terkait kesiapan Sumbar dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata gubernur.

Melalui sambungan telepon itu, Mahyeldi melaporkan sejumlah hal terkait penanganan Covid-19 di Sumbar. Di antaranya tentang kenaikan kasus positif di Sumbar disebabkan jumlah  testing  dan tracing yang ditingkatkan  beberapa waktu terakhir.

Kemudian tentang penanganan pasien di rumah sakit yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari RSUD di kabupaten dan kota serta rumah sakit rujukan untuk pasien dengan kondisi gejala berat.

"Kita sampaikan bahwa koordinasi antara rumah sakit di Sumbar sudah berjalan dengan cukup baik. Ada penambahan tempat tidur yang totalnya cukup banyak sehingga penanganan pasien bisa semakin maksimal," ujarnya.(*/sj)