Antusiasme Buruh dan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kasang Kumpeh


SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI - Kali ini vaksinasi massal yang digelar Polres Muarojambi di Desa Kasang Kumpeh, Kecamatan Kumpeh Ulu. Vaksinasi yang digelar Selasa (31/8/2021) ini berlangsung disalah satu gudang kosong yang berada di Desa Kasang Kumpeh. Targetnya 500 peserta. Mulai pekerja buruh, pekerja gudang, hingga masyarakat Desa Kasang Kumpeh dan Kasang Pudak.

“Targetnya sendiri sesuai dengan vaksin yang kita terima, ada 500 dosis. Dengan sasaran utama adalah pekerja gudang dan buruh-buruhnya, serta masyarakat sekitar Desa Kasang Pudak dan Kasang Kumpeh,” kata Kapolres AKBP Yuyan Priatmaja.

Untuk pelaksanaan di Desa Kasang Kumpeh ini, sambungnya, tidak ada kendala. Pihaknya bersama perangkat desa terlebih dulu membagikan blangko kepada calon penerima vaksin dan waktunya. Sehingga penerima vaksin tinggal datang dan vaksin.

Sehingga vaksinasi bisa terkendali dan tidak ada kerumunan.

“Alhamdulillah kerjasama antara kecamatan dan desa bisa terlaksana dengan tertib,” ujarnya.

Pada vaksinasi di Desa Kasang Kumpeh ini dibantu enam tim tenaga kesehatan ada 6 tim. Yang terdiri dari satu tim kesehatan dari Polres Muarojambi dan lima tim dari Dinas Kesehatan Muarojambi. 

“Kita selalu turun bersamaan, mudah-mudahan vaksin apapun akan kita lakukan banyak-banyak seperti ini,” kata perwira melati dua ini, semangat.

Yuyan juga memberitahukan pencapaian vaksin di Kabupaten Muarojambi. Ia mengatakan untuk keseluruhan warga Kabupaten Muarojambi yang telah divaksin sebanyak 27 persen atau sekitar 82.000 dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sekitar 42.000 orang yang sudah di vaksin.

“Kita juga masih menunggu vaksin -vaksin yang datang, sehingga kita baru bisa maksimalkan untuk pelaksanaan vaksin. Memang perintah dari Pak Kapolri melalui Pak Kapolda kita tiap hari harus melaksanakan Vaksin dengan sasaran warga desa yang padat penduduk,” katanya.

“Setiap kita dapat vaksin, kita laksanakan secara mobile, terus menerus diwilayah desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Muarojambi yang dibuka padat penduduk,” tambahnya.

Sementara itu Kades Kasang Kumpeh Anna Widiya Putri mengatakan penduduknya ada sekitar 4000 lebih jiwa. Sebagian kecil yang sudah penerima vaksin.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Polri melalui Kapolres Muarojambi yang telah mengadakan vaksinasi massal di Desa Kasang Kumpeh. “Terima kasih, kami diberikan 500 dosis Vaksin untuk warga kami, ini sangat terbantu,” katanya.

Dia berharap, agar kedepan mendapatkan lagi bantuan vaksinasi massal, untuk warganya yang belum menerima vaksinasi yang belum menerima vaksinasi baik tahap pertama maupun tahap kedua.

“Karena kendalanya di puskesmas masih banyak kekurangan, dengan bantuan dari Polri melalui Pak Kapolres kami sangat terbantu,” Katanya.

Maulani salah satu Buruh gudang di kawasan Kasang Kumpeh mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI – Polri yang mengadakan vaksniasi massal diwilayah kerjanya, dengan adanya vaksinasi massal ini dirinya tidak jauh-jauh mengikuti vaksinasi.

“Kami merasa terbantu dengan adanya vaksinasi disekitar gudang ini,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa vasinasi yang dia ikuti merupakan yang vaksin kedua. Dimana Vaksin pertama dia lakukan di puskesmas.

Untuk diketahui, Vaksinasi Massal yang dilakukan oleh Polres Muarojambi dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. (*/sj)