Bahaya Mengonsumsi Minuman Ringan Dingin Usai Berolahraga, Ini Penjelasannya

 

SWARAJAMBI.ID - Ini peringatan bagi pecinta olahraga yang gemar mengonsumsi minuman dingin terutama soda setelah melakukan olahraga berat. Memang menyegarkan tubuh. Namun menurut penelitian terbaru, diketahui bahwa hal ini justru dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi kerja ginjal.

Dilansir dari Medical Daily, sebelumnya telah diketahui bahwa soda merupakan minuman yang bertanggung jawab terhadap berbagai masalah kesehatan. Peneliti dari University at Buffalo di New York mencoba meneliti efek pada ginjal dari konsumsi soda sebelum dan sesudah kegiatan fisik.

Ketika kita berolahraga dalam kondisi panas, aliran darah pada ginjal menurun. Hal ini membantu membatasi tekanan darah dan menyimpan lebih banyak air secara normal dan tidak berefek negatif.

Walau begitu, pada setting klinis, menurunnya aliran darah secara besar-besaran dalam ginjal dapat menyebabkan cedera ginjal akut. Sebelumnya sudah terdapat penelitian yang mengetahui bahwa berolahraga secara normal pada temperatur yang panas dapat meningkatkan potensi cedera ginjal akut. Hal yang sama juga diketahui bahwa minuman ringan dengan fruktuosa yang tinggi dapat meningkatkan risiko hal tersebut.

"Tujuan dari penenelitian yang kami lakukan adalah untuk mengetes hipotesis bahwa mengonsumsi minuman ringan dan melakukan olahraga pada kondisi panas dapat meningkatkan tanda cedera ginjal akut, dibanding percobaan dengan air," tulis penelitian tersebut.(*/sj)





Sumber : merdeka.com