Capaian Target Vaksinasi Warga SAD Masih Rendah

Bupati Sarolangun Cek Endra


SWARAJAMBI.ID, SAROLANGUN -- Tingkat capaian target vaksinasi bagi warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, masih tergolong rendah. 

Bupati Sarolangun, Cek Endra mengatakan, untuk proses vaksinasi bagi SAD tersebut, masih memerlukan waktu dan proses.

Dalam tinjauan vaksin di Kecamatan Air Hitam Sarolangun, CE menuturkan terdapat tujuh orang warga SAD yang baru melakukan vaksinasi.

"Hanya tujuh orang warga SAD. Kita masih agak kesulitan mengajak SAD itu di vaksin," ujarnya.

Menurut CE, proses pelaksanaan vaksinasi SAD itu masih harus terus dilakukan. CE meminta kecamatan untuk terus melakukan pemahaman.

"Pak camat jangan bosan-bosan terus mengajak mereka, karena vaksin ini karena kita sayang dengan beliau," katanya.

"Kita ingin dia sehat dan bahasa-bahasa itu yang digunakan, jangan nanti dikejar-kejar dan ditakut-takutin malah gak mau vaksin dia nanti," tambahnya. 

Selain itu, Cek Endra juga mengaku telah sedari dulu pihaknya melakukan pengagendaan khusus vaksin bagi warga SAD.

"Sudah beberapa kali dan kemarin pak Kapolres melaksanakan disini, tapi belum banyak yang datang. Hanya 12 orang, masih sedikit," jelasnya.

Lebih lanjut, dalam progres pencapaian vaksin SAD itu, telah didampingi dengan bantuan, namun untuk hasil masih belum maksimal.

"Hari ini kita dampingi dengan bantuan, masih juga gak mau di vaksin. Jadi memang tidak mudah. Saya berharap kita jangan berhenti," ungkapnya. 

Sementara itu, CE berharap kepada camat dan Kades serta jajaran, untuk sama-sama bekerja mengejar target seluruh masyarakat tervaksin.(*/sj)