Cuaca Kurang Bagus, BPBD Tanjab Barat Minta Nelayan Waspada

SWARAJAMBI.ID, KUALATUNGKAL -- Hujan deras disertai angin kencang belakangi ini kerap terjadi di Kualatungkal dan Pesisir Laut Timur Jambi. Dampaknya dapat mengancam keselamatan nelayan saat melaut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjungjabung Barat, Zulfikri mengatakan, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, selain diperkirakan akan terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang juga diperkirakan akan melanda wilayah Tanjab Barat.

"Untuk saat ini di Tanjab Barat khususnya masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang," katanya.

Potensi tersebut menurut Zulfikri berada di Kecamatan Renah Mendaluh, Kecamatan Batang Asam dan sekitarnya. "Masyarakat diminta untuk terus mewaspadai potensi dampak hujan lebat yang masih akan mengguyur dan meluas ke sejumlah wilayah di Kabupaten Tanjungjabung Barat tentu ini akan berefek terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang," ujarnya.

Sementara wilayah Kecamatan Tungkal Ilir, khususnya dibagian pesisir laut, masyarakat nelayan waspada menghadapi cuaca buruk tersebut. Dia minta nelayan untuk melengkapi dan meningkatkan peralatan keamanan pada saat melaut.

"Apalagi di bagian pesisir masyarakat kita kan banyak nelayan, kita imbau untuk tetap melengkapi keamanan seperti baju pelampung, kompas, dan keamanan lain nya, hal ini sebagai antisipasi terjadinya hal-hal diluar dugaan serta keselamatan para nelayan," pungkasnya.(*/sj)