Kios UMKM di Pasar Bawah Bangko Hangus Terbakar

SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Kios Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ditempati para pedagang aneka dagangan di Pasar Bawah Ujung Tanjung Muara Mesumai, Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Bangko, hangus terbakar pada dini hari, Rabu (1/9/2021). Diduga sumber api berasal dari konsleting arus listrik.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Merangin Abdul Lazik mengatakan api baru bisa dijinakan sejam kemudian. Setelah tiga unit armada damkar datang dan melakukan pemadaman menyeluruh dengan dibantu masyarakat setempat.

"Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini," ujar Abdul Lazik.

Menurut Abdul Lazik kebakaran yang terjadi sekira jam 03.30 Wib ini diperkirakan kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah. "Nilai kerugian itu bersifat taksiran," jelasnya.

Salah satu korban yang juga pemilik kios, Nazar (66) menuturkan  saat kejadian dirinya masih tidur di dalam kios yang ditempatinya.

“Mendadak terdengar ada ribut kebakaran, saya langsung bangun dan cepat keluar untuk selamatkan diri,” katanya.

Nazar sendiri  telah berjualan sejak tahun 2009. Untuk barang-barang di dalam kios seperti sandal, sepatu, tas, kaos dan barang lainnya ludes. Tidak ada yang bisa diselamatkan karena api besar dan cepat menjalar.

“Untuk kerugian mencapai  60 juta. Saya mohon perhatian dan bantuan dari pihak pemerintah untuk meneruskan usaha menyambung kehidupan,” harapnya. (*/sj)