KONI Jambi Mulai Atur Jadwal Keberangkatan ke Papua

SWARAJAMBI.ID, JAMBI- KONI Jambi terus menggenjot persiapan untuk menghadapi PON XX di Papua. Tidak hanya dari sisi teknis, namun juga persiapan nonteknis yang salah satunya terkait keberangkatan kontingen.

Komandan Pelatda kontingen Jambi, AS Budianto, mengatakan masalah pemberangkatan kontingen akan dirembuk secara khusus dengan Diskepora selaku pemegang stakeholder utama. "Akan kami bahas secara khusus dengan Diskepora. Sebab memang lebih rumit karena pandemi. Di venue di Papua ada pembatasan sehingga kita harus jeli untuk mengguyur pemberangkatan kontingen," terangnya, Selasa (24/8/2021). 

Sedangkan untuk keberangkatan kontingen, lanjut Budianto, kemungkinan besar akan dimulai di minggu kedua bulan September 2021 melalui jalur udara. Pasalnya, terdapat beberapa cabang olahraga yang sudah memulai pertandingan PON XX pada tanggal 20 September 2021.

Budianto juga menyebut keterbatasan akomodasi di Papua. Pasalnya, semua hotel di Papua sekarang.pembagian booking-nya ditentukan oleh Pemprov Papua. "Tapi imbasnya homstay hingga rumah warga yang ditawarkan untuk kontingen juga melonjak harga sewanya. Ada yang menawarkan sampai Rp150 juta selama pelaksanaan kurang lebih 15 hari. Nah ini kan sama dengan bangun 1 rumah di Jambi," kelakarnya. 

Permasalahan akomodasi ini tetap akan dibicarakan lebih lanjut dengan para pihak terkait. Tim aju KONI juga telah melakukan survei ke beberapa lokasi strategis di masing-masing tempat dekat venue pertandingan. 

"Teknis pemberangkatan yang jelas sampai saat ini masih kami godok," pungkasnya. (*/sj)