Lelang Jabatan Sekda Muarojambi Belum Ada yang Daftar

Kabid Mutasi dan Pengembangan ASN BKD Muarojambi Hendra.


SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Pemerintah kabupaten Muarojambi telah membuka lelang jabatan sekretaris daerah (Sekda) Muarojambi. Namun hingga Selasa (31/8/2021) belum ada satu pun pendaftar yang memasukkan berkas untuk mengikuti lelang terbuka itu ke Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muarojambi.

Pendaftaran untuk peserta lelang jabatan sekda akan ditutup pada 2 September mendatang. “Untuk peserta minimal tiga orang. Jika sampai batas waktu yang ditentukan pesertanya kurang, maka kami akan memperpanjang masa pendaftaran lagi,” kata Kabid Mutasi dan Pengembangan ASN BKD Muarojambi Hendra.

Meski saat ini belum ada pendaftar, namun Hendra mengaku menjelang akhir pendaftaran akan ada yang mendaftar. “Biasanya di akhir-akhir pendaftaran. Mungkin saat ini masih menyiapkan dan melengkapi persyaratan,” kata dia.

Terlebih, lanjut Hendra, di Ķabupaten Muarojambi banyak pejabat yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti lelang jabatan tersebut. “Untuk persyaratan di antaranya, pelamar menduduki jabatan eselon dua dan usia tidak lebih dari 54 tahun, saat pelantikan. Kawan-kawan kita di Kabupaten Muarojambi banyak,” ujarnya.

Hendra juga mengungkapkan, untuk lelang tersebut terbuka untuk umum. “Jadi pejabat dari luar daerah juga diperbolehkan mengikuti lelang tersebut. Untuk itu, kawan-kawan dari Kabupaten Muarojambi yang akan mengikuti lelang harus mampu dan siap bersaing. Karena lelang ini terbuka,” tegasnya.

Biasanya apa yang menjadi kendala para ASN untuk mendaftar lelang sekda ? "Sebenarnya kendalanya tidak ada, yang telah memenuhi persyaratan pasti tidak ada masalah.  Memang dalam lelang jabatan ini harus ada surat persetujuan dari kepala daerah. Mungkin surat persetujuan kepala daerah ini yang agak berat didapatkan. Terus terang, banyak yang takut dan tidak berani menghadap kepala daerah,  untuk meminta persetujuannya (kepala daerah). Informasi yang kami dengar seperti itu," terangnya.

"Hampir tiap hari ada yang menanyakan lelang sekda ini. Tapi, sebatas itu," tambahnya.

Hendra mengungkapkan, untuk panitia seleksi (pansel) lelang jabatan Sekda Muarojambi diketuai sekda dengan melibatkan kalangan akademisi. “Mereka yang akan melakukan seleksi. Siapapun yang terpilih nanti, itulah yang terbaik,” tandasnya.(*/sj)