Majukan Pendidikan, Kemendikbudristek Dorong Sekolah Miliki Website

 

SWARAJAMBI.ID - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dasmen) Kemendikbudristek, Jumeri, mendorong agar sekolah memiliki website khusus. Menurutnya, website bisa membantu menemukan banyak peluang mengembangkan sekolah.

"Web sekolah ini merupakan sarana penting untuk bisa menginformasikan secara cepat, akurat, simpel, murah, akuntabel, dan berdaya jangkau luas. Ini penting," kata Jumeri belum lama ini.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalamannya ketika menjadi kepala sekolah, website menjadi sarana berkomunikasi dengan masyarakat luas. Terlebih, lanjut Jumeri, di era ini ketika dunia menghadapi pandemi dan interaksi tatap muka sudah sangat berkurang.

Kunjungan secara langsung saat ini sudah banyak berkurang. Oleh karenanya, komunikasi lewat teknologi informasi menjadi sarana yang paling efektif untuk bisa memperkenalkan sekolah.

"Karenanya, pembuatan website sekolah menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa, wali murid, dan orang tua dan masyarakat luas," kata dia menambahkan.

Jumeri menuturkan, terkadang lembaga donor juga mencari sekolah yang dijadikan sasaran bantuan melalui website. Jika sekolah tidak memiliki website yang representatif dan komunikatif maka tidak akan bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Potensi dan kehebatan sekolah harus diperkenalkan kepada dunia luar melalui website. "Mari kita membuat website yang komunikatif, aman, dan bisa menjadi sarana untuk menyebarluaskan info tentang sekolah," ujarnya.(*/sj)


Sumber: republika.co.id