Pandemi Covid-19 Buat Jumlah Pencaker Meningkat, Komari : Lapangan Kerja Minim

Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari.


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pandemi Covid-19 juga memberikan dampak  terhadap ketenagakerjaan di Kota Jambi. Mulai meningkatnya angka pengangguran hingga minimnya ketersediaan lapangan kerja. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pencari kerja yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, mencapai 1.560 orang. 

"Jumlah itu  hingga Juli 2021. Dimana 935 diantaranya pencari kerja adalah laki-laki dan sisanya, 625 perempuan," kata Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari, Selasa (31/8/2021).

Melihat jumlah pencari kerja (pencaker) tersebut, menurut Komari tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada. "Salah satu penyebabnya,  pandemi Covid-19. Yang membuat perusahaan  belum membuka lowongan pekerjaan,” kata dia. 

Disamping itu,  kebanyakan lowongan pekerjaan yang buka untuk bidang marketing. Sementara pencaker tidak semuanya paham dan mau bekerja sebagai marketing.

“Pencaker sekarang, kebanyakan ingin atau mau bekerja jadi pegawai atau PNS,” timpal Komari.

Apa upaya yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja?  Komari mengatakan, banyak program pelatihan tenaga kerja yang telah dilaksanakan. Seperti diantaranya menjahit, memperbaiki AC dan lainnya dengan jumlah peserta lumayan banyak. “Namun belakangan ini ditiadakan sementara. Karena dalam masa PPKM,” katanya. (*/sj)