Pemprov Jambi Datangkan ISO Tank Atasi Kelangkaan Oksigen di Jambi

ISO Tank yang akan didatangkan Pemprov Jambi untuk atasi kelangkaan oksigen.


SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi  bergerak cepat mengantisipasi kelangkaan oksigen untuk percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi. Pemprov akan mendatangkan ISO Tank atau tabung oksigen yang cukup besar agar ketersediaan oksigen terdistribusi dengan baik. Melalui penyediaan ini, Pemprov dapat menyampaikan kepada masyarakat agar tidak panik karena ketersediaan oksigen mencukupi.

“Kita sedang koordinasi untuk mendatangkan tabung oksigen tersebut. Kemungkinan besok (red, hari ini) sudah tiba di Jambi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bchyuni, Selasa (24/8/2021).

Untuk mendatangkan ISO Tank, Bchyuni tengah mengurus surat di Bea Cukai Tanjung Priuk untuk proses pengiriman ISO Tank  dengan jumlah besar. Dia berharap, ini bisa mengantisipasi adanya kelangkaan oksigen.

“Kita lihat saja nanti, mudah-mudahan bisa di bawa ke Jambi, dengan ini kan bisa mencukupi kebutuhan dalam penggunaan oksigen di Jambi,” tambahnya.

Dengan meningkatnya kasus Covdi-19 di Provinsi Jambi, membuat peningkatan penggunaan oksigen di setiap rumah sakit. Khususnya rumah sakit rujukan Covid-19. Sehingga Provinsi Jambi terjadi kekurangan oksigen sekitar 500 sampai 600 tabung.

Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, di Provinsi Jambi diprediksi untuk penggunaan tabung oksigen itu ada sebanyak 1.700 tabung oksigen. Pemprov Jambi juga akan membeli mobil ISO Tank yang akan digunakan dalam mengisi di tabung oksigen tersebut. Mobil tersebut nantinya juga akan digunakan untuk mensuplai di tabung oksigen atau mengisi di tabung oksigen.

Untuk membeli tabung oksigen tersebut, Pemprov Jambi tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp 700 juta. “Sementara kalau ISO Tank ini masih sangat lama, karena kita usulkan, kemudian biasanya sekitar 12 bulan kedepan baru ada, ini jika ISO Tank yang masih baru” kata dia.

Sementara itu, Sudirman menyebutkan ISO Tank yang ada saat ini merupakan bukan barang baru, akan tetapi barang yang sudah ada dan sudah pernah dipakai. Sehingga ini perlu dicek betul, apakah masih layak atau tidak. “Satu tank itu bisa mencapai 40 sampai 50 ton,” tuturnya.(*/sj)