Pertempuran Dahsyat, 406 Mayat Taliban Bergelimpangan di Jalanan

 

SWARAJAMBI.ID - Perang dahsyat baru saja pecah di Afghanistan. Pertempuran terjadi selama 24 jam di 17 provinsi. Korban jiwa sangat banyak.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pertahanan Afghanistan  dalam pertempuran itu, pasukan militer Angkatan Bersenjata Afghanistan (ANDSF) berhasil menewaskan 406 pasukan teroris Taliban. Tak cuma itu, lebih dari 200 pasukan Taliban terluka parah.

"Selama 24 jam terakhir, 406 Taliban teroris tewas dan 209 lainnya terluka sebagai akibat dari ANDSF operasi di Provinsi Nangarhar, Laghman, Ghazni, Paktia, Khost, Kandahar, Zabul, Herat, Jowzjan, Balkh, Samangan, Faryab, Sar-e Pol, Helmand, Takhar, Baghlan dan Kapisa," tertulis dalam siaran resmi Kemhan Afghanistan.

Pertempuran pecah di jalan-jalan kota, pasukan ANDSF yang didukung pasukan dari Public Uprising Forces (AAF) melancarkan serangan dari berbagai arah. Taliban tak tinggal diam, mereka terus melakukan perlawanan meskipun posisi kian terdesak.

Di beberapa tempat seperti di Distrik Zherai, Provinsi Kandahar, operasi penumpasan teroris Taliban dilancarkan tak cuma melalui darat. Tapi juga serangan udara. Akibat pertempuran itu, mayat-mayat pasukan Taliban bergelimpangan di jalanan dan di dalam bangunan persembunyian.

Perlu diketahui, situasi di Afghanistan saat ini sedang membara. Penyebabnya Taliban berusaha merebut kekuasaan dengan cara angkat senjata. Beberapa kota berhasil mereka serang dan kuasai, sampai akhirnya Angkatan Bersenjata Nasional Afghanistan melakukan operasi penumpasan besar-besaran di semua wilayah.

Taliban mulai bertingkah dan ingin berkuasa setelah terjadi penarikan pasukan asing besar-besaran dari Afghanistan, terutama pasukan dari militer Amerika Serikat alias US Army.(*/sj)



Sumber: viva.co.id