Polisi Tangkap Peretas Situs Resmi Sekretariat Kabinet

 

SWARAJAMBI.IDPolisi telah menangkap peretas situs Sekretariat Kabinet (Setkab). Kabar itu dibenarkan Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

"Sudah ditangkap," tutur Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (7/8/2021).

Agus enggan merinci penangkapan itu. Detail operasi rencananya disampaikan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Senin (9/8).

"Kemarin (ditangkapnya)," sebut Agus.

Sebelumnya, laman situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab) www.setkab.go.id telah diretas dan diubah tampilan web-nya (deface). Ketika situs diakses, pengunjung seharusnya ditampilkan berbagai informasi umum ternyata diubah dengan foto seseorang yang sedang membawa sebuah bendera merah putih dengan tulisan "Padang Blackhat" dan "Anon Illusion Team".

Selain itu, pelaku peretasan (hacker) yang mengatasnamakan Zyy Ft Lutfifake juga menuliskan sebuah kalimat yang berbunyi, "Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apa pun yang membuat rakyat Indonesia merasa stres dan depresi. Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan di negara ini?" (*/sj)





Sumber: merdeka.com