Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Lebih dari Rp 5,8 Miliar Diamankan Polres Tanjab Timur

Puluhan ribu benih lobster diamankan Polres Tanjab Timur.


SWARAJAMBI.ID, MUARASABAK – Kembali Polres Tanjab Timur mengamankan puluhan ribu benih lobster yang hendak diselundupkan ke Singapura. Benih lobster tersebut ditemukan dalam mobil Innova warna hitam B 1856 FIS yang ditinggal pemiliknya di Desa Rantaukarya, Kecamatan Geragai.

Kapolres Tanjab Timur, AKBP Andi M Ichsan mengatakan, berawal dari kecurigaan pihaknya melihat mobil Innova tersebu. Sehingga dilakukan pengejaran dan mobil tersebut  terparkir di kawasan Kelurahan Paritculum II, Kecamatan Muarasabak Barat.

“Saat diperiksa, pengemudinya tidak ada. Mobil dalam keadaan mati. Petugas kemudian menemukan sepuluh box styrofoam berisi benih lobster di dalam mobil,” kata dia, Minggu (29/8/2021).

"Total ada 58.072 benih lobster. Terdiri dari 56.500 jenis pasir dan 1.572 jenis mutiara," sambungnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, benih lobster jenis pasir per ekornya seharga Rp 100 ribu. Sedangkan jenis mutiara Rp 150 ribu.

"Jadi total kerugian negara dari upaya penyelundupan baby lobster ini diperkirakan sebesar Rp 5,8 miliar. Saat ini kita masih menyelidiki siapa yang membawa mobil dan benih lobster ini," jelasnya.

Seluruh benih lobster telah diserahkan Polres Tanjab Timur kepada pihak BKIPM Jambi. Untuk dilakukan pengisian ulang oksigen agar benih lobster dapat bertahan hidup sebelum  dilepasliarkan di lokasi yang telah ditentukan.

"Pelepasannya bisa di Pulau Berhala atau di pesisir perairan Sumatera Barat," kata Mario Ari Yudistira, PPNS Karantina Ikan Provinsi Jambi.(*/sj)