Putus Kasus Covid-19, Tiga Kecamatan Bahar Grup Disekat Satgas

SEKAT : Petugas kepolisian memberhentikan kendaraan dan memeriksa surat vaksin yang akan masuk ke Bahar Grup


 SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI - Meningkatnya kasus Covid-19 di tiga kecamatan  Bahar Grup Kabupaten  Muarojambi membuat Satgas Covid-19 beraksi dengan melakukan penyekatan akses masuk Bahar Grup. Penyekatan dilakukan sebagai upaya untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Penyekatan dilakukan di Kecamatan  Sungai  Bahar, Bahar Selatan dan Bahar Utara sejak tanggal 3 Agustus 2021.

Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja mengatakan, penyekatan dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan  Bupati Muarojambi No. 383/Kep Bup/BPBD/2021, tentang pemberlakuan pembatasan mobilitas kegiatan masyarakat pada tiga Kecamatan Bahar group.

"Iya hari ini merupakan hari kedua dilakukan  penyekatan  di wilayah Kecamatan Bahar group oleh Satgas  Covid-19  Kabupaten Muarojambi, ini tujuannya mengurangi pembatasan-pembatasan kegiatan keluar masuk masyarakat disana," kata Yuyan, Rabu (4/8/21).

Sebab kasus penyebaran  Covid-19 di tiga daerah tersebut masih tinggi sehingga perlu dilakukan  penyekatan.

Ia juga mengatakan, lokasi pos penyekatan dilakukan ruas jalan poros Desa Berkah Kecamatan  Sungai Bahar.

Dalam kegiatan  penyekatan  itu,  setidaknya mereka menurunkan 36 petugas, 9 orang personil dari kepolisian, 8 orang TNI, 8 orang Dishub, 4 orang SatpolPP, serta petugas nakes Puskesmas dan pemerintahan Kecamatan.

"Pada pelaksanan itu, semua kendaraan yang melintas atau yang akan memasuki wilayah  Sungai Bahar wajib diperiksa oleh petugas seperti surat tanda vaksin, surat swab antigen negatif dari Puskesmas atau RS, KTP," ungkapnya.

Jika pekerja yang melintasi juga akan ditanyakan, surat keterangan kerja dari perusahaan, angkutan bawa penumpang kapasitas penumpang maksimal 50 persen dari total muatan kendaraan. 

"Bagi warga yang tidak menunjukkan surat swab antigen PCR negatif langsung dilakukan test swab oleh petugas nakes, jika hasil reaktif maka petugas akan menghubungi bidan desa untuk diarahkan isolasi mandiri," tutupnya.(sj)