Setelah Tutup 7 Hari, Pelaku Usaha di Kota Jambi Mulai Beraktivitas Kembali


SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Kini pertokoan di kawasan Pasar Jambi mulai beraktivitas kembali. Terlihat pada Jalan Gatot Soebroto sejumlah toko elektronik dan baju sudah buka dan melayani pelanggan. Petugas parkir pun mulai menjalankan aktivitas mengatur lalu lintas, Senin (30/8/2021).

Salah seorang pembeli, Arman mengatakan bahwa pihaknya sudah seminggu tak berbelanja kebutuhan toko. "Saya punya konter di Kumpeh, sudah seminggu memang tidak belanja. Ini tadi beli peralatan aksesoris sekaligus beli hp pesanan," katanya.
Sementara Ramon, pemilik toko mengaku senang karena pertokoan sudah boleh buka kembali. Sebab, dirinya juga memiliki empat orang karyawan. 

"Seminggu kemarin memang tidak ada omset, kita tutup total. Mudah-mudahan ini kembali lancar, kasihan juga karyawan kita," harapnya.

Sedangkan Puput, seorang pedagang mukenah di kawasan Pasar mengaku, hari pertama dibuka kemarin, memang belum terlihat begitu ramai pembeli. “Baru hari pertama, belum terlalu ramai,” singkatnya.

Terpisah, Camat Pasar Mursida mengatakan, bahwa saat pemberlakukan pengetatan dan penyekatan PPKM Level 4 kemarin, total ada 600 ruko yang ditutup. Sementara yang boleh buka sebanyak 200 ruko. Jumlah itu tersebar di empat kelurahan.

"Sekarang itu sudah buka kembali seperti biasa. Namun tetap kita imbau menjaga prokes, jangan sampai terlalu euforia yang berlebihan," katanya.

Berdasarkan Instruksi Wali Kota Jambi Nomor 20 tahun 2021 menyebutkan pelaksanakan kegiatan pada area publik seperti Tugu Keris, Danau Sipin, Ancol, Komplek Perkantoran Provinsi Jambi, Taman Anggrek, Tugu Juang Sipin, Taman Remaja, Hutan Kota M Sabki dan Taman Rimba milik Provinsi Jambi dibuka untuk rekreasi dengan kapasitas pengunjung 25 persen  sampai dengan Pukul 20.00 WIB dengan menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi dan/atau penerapan prokes lebih ketat. (*/sj)