Target 500 Ibu Hamil, Yang Datang Vaksinasi Mencapai 600 Orang

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Antusias para ibu hamil dan menyusui terlihat memenuhi lokasi pelayanan vaksinasi di aula PKK Pemkot Jambi, Rabu (25/8/2021). Dari target 500 ibu hamil dan menyusui untuk divaksin, kemarin ada 600 peserta yang ikut.

Kabid Pengendalaian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Jambi, dr Rini mengatakan, antusias mereka meningkat. Peserta kata dia masih berdatangan ke tempat vaksinasi, walaupun kuota terbatas.

"Kami arahkan untuk daftar vaksinasi Covid-19 pekan depan. Link pendaftaran sudah dibagikan hingga tingkat RT," jelasnya.

Vaksinasi Covid-19 sengaja dilakukan secara terpisah dengan tujuan Bumil, dan Busui dapat terkontrol lebih spesifik. Vaksin terhadap mereka hanya dilakukan pada hari Rabu pukul 08.00 hingga 12.00 tiap pekannya. 

Vaksinasi ini juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah Pandemi Covid-19, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui. Ini dilakukan, seiring adanya angka kematian ibu hamil karena terpapar virus corona.

Kadinkes Kota Jambi, Ida Yuliati sebelumnya mengatakan bahwa, sepanjang adanya pandemi Covid-19, ada sekitar 100 ibu hamil yang terpapar. Sebanyak 87 orang sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan. 

"Dengan adanya vaksin ini kita harapkan bisa mengurangi risiko Covid-19. Jangan sampai ada yang meninggal lagi," ujarnya.

Ida mengatakan, data ibu hamil yang tercatat dalam aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi Obstetri (Sikomo) ada sekitar 2.000 orang. Namun ia meyakini bahwa jumlah tersebut masih banyak, sebab kemungkinan ada yang belum melapor. (*/sj)