Terobos Longsor, Truk Tronton Bermuatan Semen Curah Masuk Jurang di KM 70

SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Kecelakaan tunggal dialami truk bermuatan  semen curah masuk jurang sedalam 20 meter di KM 70 Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Rabu  (25/8/2021) siang. Truk malang tersebut rencananya mau  ke Kabupaten Kerinci.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Karena sopir truk tronton berhasil menyelamatkan diri.

Kepada wartawan, Danramil Sungai Manau Kapten Inf Suheri mengatakan, truk tronton bermuatan semen curah itu tidak hiraukan himbauan petugas. Yang melarang untuk tidak jalan dulu. Karena telah terjadi longsor di KM 70 Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu.

"Sopirnya nekat. Nerobos jalan yang tertimbun longsor. Masuk jurang lebih kurang 20 meter, dalamnya,” jelas kata Kapten Suheri.

Kembali dikatakannya,  kejadiannya saat petugas sedang istirahat mencari makan siang. "Sopir selamat. Namun kendaraannya rusak berat di bagian depan," katanya.

Jalan KM 70 Desa Birun tertimbun longsor akibat guyuran hujan lebat. Material longsor menimbun badan jalan sepanjang 20 meter.  Yang menyebabkan akses jalan dari arah Kabupaten Merangin menuju Kabupaten Kerinci dan sebaliknya terganggu.  Hanya bisa dilewati kendaraan pribadi roda dua dan empat.

“Sampai jam 15.00 Wib, alat berat yang ditunggu juga belum datang. Untuk sementara petugas melakukan pembersihan secara manual,” imbuh Kapten Suheri.

Mengingat hujan masih turun dengan lebat, ia minta kepada pengendara dan masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati.(*/sj)