Asessmen SMA-SMK Selesai, PTM Baru Bisa Dimulai

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Dinas Pendidikan Provinsi Jambi memperkirakan pembelajaran tatap muka (PTM)   akan dilakukan mulai pekan depan setelah pelaksanaan asessmen SMA dan SMK selesai. Sementara ini  pelaksanaan belajar tatap muka bisa dilakukan apabila siswa dan siswi sudah divaksin.

“Kemungkinan setelah asesmen, sekolah langsung dibuka. Mungkin minggu depan sudah bisa belajar tatap muka di sekolah,” kata Bukri Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Selasa (21/9/2021).

Untuk pelaksanaan tatap muka saat ini, sambungnya, belum ada syarat khusus untuk para siswa yang ada di Provinsi Jambi. Paling tidak, saat ini semua siswa dan guru sudah harus divaksin. Dengan demikian, pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah bisa berjalan dengan aman.

“Jadi minggu depan itu kan masih asesmen SMA dan SMK, nah setelah itu langsung belajar tatap muka di sekolah,” tambahnya. Dengan demikian, Bukri mendorong para siswa dan guru di setiap sekolah yang bernaungan di dinas pendidikan Provinsi Jambi, untuk mau divaksin. “Kita anjurkan dulu kepada mereka untuk divaksin,” sebutnya.

Sepertinya saat ini, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib untuk masuk dan belajar di sekolah. Seperti yang dikatakan oleh Rida, siswi SMKN 1 Kota Jambi jurusan akutansi yang saat ini tengah mengikti vaksinasi suntikan dosis pertama. Kata dia, ini untuk belajar tatap muka di sekolah.

“Kalau tidak divaksin, maka kami tidak boleh ikut sekolah tatap muka. Makanya kami vaksin,” kata dia. Lanjutnya, untuk vaksinasi ini, Rida menyebutkan imbauan dari sekolah untuk mengikuti vaksinasi terlebih dahulu. Sejak itu, dirinya berniat divaksin agar bisa belajar di sekolah. “Tidak takut untuk divaksin, makanya saya ikut di sini,” tambahnya. (*/sj)