Begini Pengakuan Nadiem Menginap di Hutan dan Belajar Bersama Anak Warga SAD

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Bertemu dengan Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim belajar bersama anak SAD dan sempat bermalam di sebuah rumah panggung Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bunga Kembang, Kabupaten Sarolangun.

Nadiem menyatakan semangat belajar  anak SAD sangat baik. Bahkan mereka memiliki mental yang sangat baik pula.

"Ini sangat menarik, di tengah hutan ada sekolah, dan saya tidur di salah satu tempat mereka belajar," kata Nadiem, Rabu (22/9/2021). 

Mengajar SAD, menurutnya merupakan hal yang berbeda dengan masyarakat umum lainnya. Kemudian tantangan seorang guru yang masuk ke hutan. Dilain itu, dia juga menyempatkan berkomunikasi bersama anak-anak dan orangtua.

"Tantangan guru yang harus dihadapi adalah mereka diharuskan masuk ke hutan siang hari dan kadang-kadang mereka tidak menemukan para muridnya karena mereka hidup berpindah pindah," tambahnya.

Kemudian untuk mengajar anak SAD tersebut, seorang guru harus membawa makanan dan baju yang diberikan kepada anak SAD agar mau untuk belajar. "Guru-gurunya harus membawa makanan supaya mereka lebih semangat untuk belajar," sebutnya.

Kemudian Nadiem menceritakan, seorang guru juga harus meminta izin kepada para orang tuanya untuk membolehkan anaknya memakai baju yang diberikan.

Dengan ini, Nadiem sangat mengapresiasi guru di wilayah SAD.  Apalagi, saat ini banyak anak SAD yang maju dengan menjadi seorang polisi hingga lulusan di Universitas Jambi. "Dan menginap dengan mereka merupakan pengalaman yang tidak bakal saya lupakan seumur hidup," tandasnya.(*/sj)