Bermuatan 20 Ton Oksigen, Mobil Pengangkut Iso Tank Terpuruk dan Miring

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Kendaraan pengangkut tabung Iso Tank untuk Satgas Penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi masih terpuruk di belakang kantor Balai latihan Kerja (BLK) Jambi, Kecamatan Telanaipura. Informasinya kendaraan tersebut terpuruk saat menuju ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi pada Senin (13/9/2021).

Hingga selasa (14/9/2021), kondisi kendaraan pengangkut tabung Iso Tank dengan muatan  20 ton oksigen tersebut masih belum bisa dievakuasi. Kejadian ini disebabkan karena kondisi jalan yang lembut dan tak memungkinkan untuk dilewati dengan angkutan yang berat. Bahkan kondisinya miring. Sehingga mobil tak bisa bergerak sama sekali. 

Bersyukur mobil yang mengangkut iso tank tersebut tidak terbalik. Di lapangan ada anggota TNI – Polri dan petugas BPBD untuk mengevakuasi mobil tersebut.

Ada dua unit alat berak untuk mengevakuasi mobil tersebut. Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni membenarkan dengan peristiwa tersebut, dia menargetkan minimal Rabu (15/9/2021) sudah bisa dievakuasi. Sehingga penyaluran oksigen ke rumah sakit tidak terbenggalai.

“Saya sudah perintahkan anggota dari BPBD untuk mengevakuasi itu, kemungkinan besar itu karena sopir yang mengantuk, karena masuknya pada malam hari,” kata dia.

Bersyukur di BPBD Provinsi Jambi masih ada stok tabung oksigen yang bisa disalurkan ke setiap rumah sakit yang ada di Provinsi Jambi, sehingga tak mengganggu penyaluran oksigen. “Kita ada 260 tabung yang sudah disebarkan ke kabupaten kota, jadi sekarang kondisi masih aman,” tambahnya.

Tabung iso tank tersebut merupakan bantuan oksigen dari CSR Sinarmas dari Palembang, Sumatera Selatan untuk pengisian ulang, setelah diisi, langsung dibawa ke Jambi. “Jadi nanti akan kita isi oksigen yang ada di setiap rumah sakit menggunakan oksigen ini,” tandasnya.(*/sj)