Bungo Perluas Tanaman Kedelai, Tahun Ini Targetnya 125 Hektare

SWARAJAMBI.ID, MUARABUNGO -- Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bungo berupaya memperluas tanaman kedelai di wilayah Muarabungo. Tahun 2021 ini targetnya 125 hektare.

Kabid Tanaman Pangan, Abdul Majid mengatakan  penanaman kedelai dilakukan pada 7 kecamatan. Dengan jumlah 16 dusun dan 25 kelompok tani.

"Dari 125 hektare yang ditargetkan, nantinya akan dibagi 45 kg per hektar pupuk NPK.  Kemudian pupuk cair 4 liter per hektare, herbisida 2 liter per hektare dan rezolium 250 gram per hektarenya," katanya, Minggu (5/9/2021).

“Ini bantuan semua, berasal dari pemerintah pusat dari anggaran APBN dan sudah mulai ditanam di bulan Agustus. Kemarin perdana dengan pak gubernur Jambi salah satu bentuk perhatian pemerintah dengan tanam kedelai di Desa Sukajaya beberapa waktu lalu,” sambungnya.

Adapun untuk jenis kedelai yang ditanam adalah jenis Anjasmoro dan perkiraan hasilnya panen di bulan Oktober.

"Semoga dengan hasil panen kedelai ini bisa membantu pelaku usaha UMKM seperti pelaku usaha tempe dan tahu akan mahalnya harga kedelai," ujarnya.

Sejauh ini kata Majid, tidak ada kendala riskan yang dihadapi. Sebab kondisi tanah di beberapa kecamatan juga cocok. “Apalagi di pinggir sungai. Peralatan juga sudah ada, namun memang animo masyarakat agak berkurang karena harga kedelai lokal bersaing dengan kedelai impor yang lebih murah,” tukasnya.(*/sj)