Jalan Menuju Sekolah Yadika Memprihatinkan, Berlubang dan Becek

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Kondisi jalan menuju SMP-SMA-SMK Yadika sangat memprihatinkan. Saat ini kondisinya berlubang dan becek. Parahnya lagi, kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama.  

Dampak kerusakan jalan tersebut akhirnya dirasakan  para siswa Yadika yang berjalan kaki. Mereka terpaksa angkat celana dan roknya agar tidak kotor. Bahkan banyak siswa yang terpaksa melepas sepatunya agar tetap bersih.

"Sesampai di halaman sekolah,  barulah mereka  cuci  kaki," ujar Kepala SMK Yadika, Nelson, Rabu (1/9/2021).

Nelson  sangat menyayangkan, jalan menuju sekolahnya tak kunjung mendapat perhatian. "Memang sempat ada perbaikan. Namun tidak menyeluruh," ujarnya.

"Sudah dua kali kami usul dan ajukan, tapi belum juga,” imbuhnya.

Nelson mengatakan sudah beberapa kali jalan tersebut telah ditinjau. Baik dari instansi terkait bahkan anggota dewan. 

“Kami sangat berharap, ini segera diperbaiki baik pemerintah kota ataupun pemprov. Seharusnya  menjadi prioritas,” katanya.

Siswa sekolah Yadika, banyak berasal dari luar Kota Jambi. Bahkan beberapa di antara mereka menuju sekolah banyak yang berjalan kaki.

Senada juga dikatakan Kepala SMA Yadika, Didi. Kondisi jalan tersebut sudah lebih dari 2 tahun belakangan, belum juga diperhatikan. “Kami sangat berharap, jalan ini dapat diperbaiki. Inikan akses menuju fasilitas pendidikan. Kita kasihan juga melihat siswa yang harus kotor-kotoran saat mau ke sekolah. Apalagi musim penghujan,” timpalnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga PUPR Kota Jambi, Agustiawan Harmain mengatakan, status jalan tersebut harus dipastikan dahulu. Apakah masuk jalan kota atau jalan lingkungan.

“Sebab saat ini jalan lingkungan kewenangannya sudah pindah. Namun jika itu masuk kota, nanti bisa diusulkan melalui proposal. Bisa juga melalui e-planning, dan akan ditindak lanjuti,” katanya. 

Sementara Kabid Cipta Karya, Momon Sukmana Fitra mengatakan jalan tersebut berstatus jalan lingkungan. Sebaiknya segera diusulkan ke Dinas PUPR Kota Jambi. “Diusulkan saja, nanti akan ditindak lanjuti seperti apa perbaikannya,” katanya.(*/sj)