Jalan Rusak, Terisolir, Warga Ujung Serampas Hanya Bisa Pasrah

SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Akses menuju tiga desa di Ujung Serampas, Kabupaten Merangin, rusak parah. Ditambah guyuran hujan, jalan kabupaten tersebut bak kubangan kerbau. Dipastikan tidak bisa dilintasi  baik kendaraan roda dua maupun roda empat.  Dampaknya, Desa Lubuk Mentilin, Desa Tanjung Kasri dan Desa Renah Kemumu menjadi terisolir.

Kades Tanjung Kasri Ahmad Tito mengungkapkan akses menuju desa mereka bertambah parah.

Sudah jalannya licin. Berlumpur lagi. Sehingga sangat susah dilalui untuk mengangkut hasil bumi maupun belanja kebutuhan.

"Kondisinya sangat parah, mulai dari Rantau Kermas sampai Renah Kemumu," kata Ahmad Tito, Jumat (24/9/2021).

Ia kembali mengatakan akses menuju desanya kurang lebih 28 kilometer. Namun sepanjang jalan banyak lubangnya dan berlumpur. 

Akibatnya harga komoditi Kopi, kulit manis dan sayuran tidak seimbang dengan biaya operasional.

"Jalan buruk jadi ampranya mahal," ujarnya.

Tak hanya itu saja yang dialami warga desa di Ujung Serampas tersebut. Buruknya kondisi jalan juga membuat harga kebutuhan pokok di desan ikut naik.

"Harga sembilan kebutuhan pokok jadi naik 30 persen. Mahal," kata Tito.

Belum lagi kalau ada warga yang sakit atau ibu hamil yang butuh tindakan medis cepat. Yang seharusnya bisa cepat menjadi lambat dan sangat mengkhawatirkan.

"Yang sangat kami cemaskan saat ada warga yang sakit, atau ibu hamil yang harus mendapatkan penanganan medis," sebutnya.

Tito mengakui ada aspal yang baru dibangun dari simpang Danau Pauh ke Rantau Kermas. Jalan itu sudah sangat membantu dan mempercepat akses warga menuju jalur utama Bangko -Jangkat. "Tapi tetap saja kondisi jalan dari Rantau Kermas Lubuk Mentilin, Tanjung Kasri dan Renah Kemumu saat ini membuat  terisolir," ujarnya.

Tito dan warga lainnya berharap pemerintah juga meningkatkan kondisi jalan ldari Rantau Kermas hingga Renah Kemumu. "Karena kondisinya makin parah, apa lagi jika tidak segera ditangani. Itu semakin membuat kami terisolir," katanya.(*/sj)