Kasus Pelecehan Seksual Pada Anak Meningkat

Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Maharatua Siregar 

SWARAJAMBI.ID, MUARATEBO – Kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur mengalami peningkatan di wilayah hukum Polres Tebo.

Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Maharatua Siregar mengatakan peningkatan kasus terlihat dari jumlah laporan yang masuk ke SPKT Polres Tebo. Terhitung sejak Januari, ada enam kasus yang masuk. Empat di antaranya terselesaikan. Sedang sisanya masih tahap penyelidikan dan pemeriksaan tersangka.

"Yang paling baru terjadi di Kecamatan Tebo Tengah, saat ini pelaku tengah dalam pengejaran," katanya, Selasa (14/9/2021).

Sebagai perbandingan, pada tahun 2020 laporan  kasus tersebut yang ditangani oleh Polres Tebo sebanyak 14 kasus. Terselesaikan di tahun yang sama sebanyak 11 kasus dan 3 kasusnya diselesaikan pada tahun 2021. Di tahun 2020 hanya pada Juli tidak ada laporan terkait perbuatan seksual terhadap anak.

"Jika dilakukan perhitungan triwulan jumlah kasus yang di tangani mengalami peningkatan", bebernya.

Masih kata AKP Mahara Martua Siregar, untuk tersangka paling banyak dilakukan oleh orang terdekat korban. Untuk itu, kepada orang tua diharap untuk melakukan pengawasan ketat terhadap anaknya.

Selain melakukan penindakan dari laporan yang masuk, pihaknya juga melakukan tindakan preventif melalui sosialisasi untuk pencegahan perbuatan seksual.

"Kita juga melalui dinas sosial pada bidang perlindungan Perempuan dan Anak juga gencar melakukan sosialisasi," pungkasnya.(*/sj)