Masjid At Taufik Juara 1 Seleksi Masjid Teladan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Setelah melewati proses seleksi ketat, Masjid At Taufik, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, akhirnya terpilih sebagai juara I Masjid Teladan Tingkat Kota Jambi Tahun 2021. Hal itu berdasarkan surat keputusan ketua umum pimpinan daerah Dewan Masjid Indonesia  (DMI) Jambi No 11/PD.DMI-KJ/VII/2021.

Sebagai apresiasi, DMI Kota Jambi dan Pemkot Jambi memberikan bantuan anggaran yang nantinya dipergunakan untuk kepentingan masjid.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Wali Kota Jambi, Maulana yang juga Ketua serta Wakil Ketua DMI Kota Jambi secara simbolis memberikan bantuan tersebut.

Syarif Fasha mengatakan, bagaimana komitmen para pengurus masjid, untuk membuat masjid ramai oleh para jamaah yang melaksanakan ibadah.

“Saat ini ada sekitar 600 masjid, musala dan langgar. Seharusnya dengan kondisi jumlah masyarakat Kota Jambi, masjid-masjid itu tidak bisa menampung umat muslim. Namun kenyataan masih banyak masjid yang kosong dan belum ramai,” jelasnya.

Hal inilah yang menjadi tugas para pengurus masjid. Diantara caranya yakni disebutkan Fasha, pengurus masjid dapat membuat kenyamanan bagi para umat muslim yang datang ke masjid. “Tidak melulu harus dingin ada AC, tidak. Tapi buatlah mereka nyaman dan betah,” sebut Fasha.

Apalagi mengingat saat ini, Kota Jambi berada pada PPKM level IV, Pemkot Jambi sejak awal juga telah memperbolehkan aktivitas di tempat peribadatan, khususnya masjid. Namun tetap dengan batas yang telah ditentukan untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Pemerintah mempercayakan ke pengurus masjid bisa menerapkan prokes,” terangnya.

Ia pun berharap, penilaian masjid teladan itu bisa terus berlanjut dan memunculkan masjid-masjid teladan lainnya yang didukung oleh manajemen dan pengelolaan sarana peribadatan yang lebih baik lagi.

“Dengan adanya bentuk penghargaan ini diharapkan kepada masjid yang terpilih dapat menginspirasi dan melakukan sharing kepada pengurus masjid-masjid yang lainnya," harap Fasha. (*/sj)