Operasi Patuh 2021, Yuyan: Targetnya Disiplin Lalu Lintas dan Prokes

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Mulai Senin (20/9/2021) ini Operasi Patuh digelar Polres Muarojambi. Operasi Patuh 2021 akan berlangsung selama 14 hari sampai 3 Oktober 2021.

Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja mengungkapkan ada empat sasaran dari pelaksanaan Operasi Patuh tahun ini. Namun tidak ada razia. Karena sasaran khusus pada operasi kali ini adalah penegakan protokol kesehatan (prokes) dan disiplin berlalu lintas. Yakni kerumunan massa,  kepatuhan dalam penerapan aturan protokol kesehatan,  kedisipilinan masyarakat dalam berkendaraan, serta lokasi rawan macet, rawan laka lantas, dan rawan kerumunan

"Giatnya diarahkannya pada preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat," kata Kapolres Yuyan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2021 di kapangan Mapolres Muarojambi, Senin (20/9/2021).

"Di samping ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan COVID-19. Sehingga dapat mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta memutus mata rantai COVID-19," sambungnya.

 Dengan demikian pola operasi yang awalnya 80%  giat preemtif dan Preventif serta 20%  penegakan hukum dirubah menjadi 100%  tindakan simpatik. Hal ini untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri. "Seperti pelaksanaan kegiatan baksos, bagi-bagi masker dan pemasangan stiker serta penyuluhan masyarakat dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di jalan raya,"  katanya.(*/sj)