Penuhi Standart ASUH, Ini Pesan Maulana Untuk Juleha

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Peran Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Jambi dinyatakan Wakil Wali Kota Jambi, Maulana sangat penting. Khususnya memberikan panduan, terkait bagaimana cara penyembelihan hewan yang sesuai syariat terhadap masyarakat. Karena itu Juleha harus dapat bersinergi dengan instansi terkait. 

"Seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, MUI, maupun Kemenag. Juleha  tidak hanya diharapkan berada di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) saja," kata Maulana kemarin.

Jadi, sambungnya, Juleha juga harus didorong untuk mengedukasi masyarakat sampai di tingkat pasar tradisional. Agar bisa menghasilkan hewan yang memenuhi standar aman, sehat, utuh dan tentunya halal (ASUH).

"Dengan begitu, hewan atau daging yang dibeli maupun dikonsumsi masyarakat, benar-benar disembelih dengan cara yang benar dan memenuhi standar ASUH," katanya.

“Nantinya bekerja sama dengan Diskominfo, agar lebih masif dan secara IT memberikan panduan kepada masyarakat,” katanya lagi.

Maulana menaruh harapan besar terhadap Juleha Kota Jambi untuk dapat menyiarkan Islam dan meningkatkan edukasi ke masyarakat terkait pemotongan hewan secara syariat.

Sementara Ketua Juleha Kota Jambi, M Jasrul mengatakan  progam Juleha yang terdekat  adalah merancang program 1 tahun ke depan dan melengkapi pengurus.

"Kita harap setiap kelurahan  ada pengurus Juleha. Sehingga nanti bisa koordinasi dengan pengurus masjid yang akan mengadakan pemotongan hewan," ujarnya. 

Jasrul juga berjanji akan bekerja sama dengan Dinas Pasar seperti  pemotongan ayam di pasar. "Karena banyak ayam yang pemotongannya pakai mesin dan itu sangat tidak halal secara syariat," tukasnya.(*/sj)