Prokes Wajib, PTM Terbatas Sudah Bisa Dimulai Senin Depan

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sudah bisa dilaksanakan di semua satuan pendidikan SMA/SMK dan SLB  di kabupaten/kota se Provinsi Jambi. PTM terbatas tersebut akan dimulai pada Senin (4/10/2021) mendatang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Bukri mengatakan, sebagian besar wilayah di Provinsi Jambi sudah dapat melaksanakan sekolah tatap muka. Namun pembelajaran tatap muka terbatas. Ini juga harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi kita sekarang sedang melaksanakan asesmen di lingkup SMA. Setelahnya, kita rencanakan tatap muka dilaksanakan. Namun ini terbatas dengan kuota 50 persen setiap lokal,” kata dia, Senin (27/9).

Sekolah harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang. Terlebih untuk perlengkapan prokes. Ini menjadi tanggung jawab sekolah. Nantinya akan tetap diawasi oleh provinsi terkait pembelajaran tatap muka. 

Kemudian, untuk hasil asessmen tingkat SMK sendiri, Bukri mengatakan hingga saat ini belum mengetahui hasil akhirnya. Ia memprediksi hasil akan keluar di Oktober nanti.  “Untuk hasilnya sampai saat ini belum sampai ke kita. Mungkin dalam Oktober nanti hasilnya sampai ke kami. Kemudian akan kami rilis,” jelasnya.

Dirinya pun menjelaskan, asessmen ini merupakan pengganti ujian nasional. Namun yang membedakan di antara keduanya adalah, UN menilai siswa sedangkan asessmen menilai kinerja sekolahnya.

Untuk nilai asessmen bagi guru yang rendah, Bukri mengaku masih menunggu kebijakan pusat. “Bagaimana kedepan, yang jelas kalau ada yang kurang akan dilakukan pembinaan dan pelatihan,” tandansya. (*/sj)