Satu Jam Hujan Langsung Banjir

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Hujan deras yang mengguyur Kota Jambi sejak dini hari, Rabu (8/9/2021), memicu banjir di sejumlah titik dalam wilayah Kota Jambi. Diantaranya  Lorong Riska Tani, RT 19, Jalan Rika Tani, Kelurahan Simpan IV Sipin, Kecamatan Telanaipura.

Ketinggian air bisa mencapai paha orang dewasa. Bahkan sejumlah rumah juga terlihat terendam.

“Ada sekitar 20 rumah terendam tadi (kemarin,red). Dari subuh, sampai jam 09.00 tidak bisa dilewati jalannya,” sebut Er, warga sekitar.

Lokasi tempatnya memang kerap terjadi banjir. Apalagi jika hujan turun sekitar 1 jam. Banjir disebabkan kondisi drainase atau aliran sungai yang kecil. 

“Apalagi ada tembok-tembok ini. Alirannya juga dangkal, kami harap ya dapat diatasi sama pemerintah lah,” kata dia.

Sementara Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius mengatakan, hal itu merupakan permasalah lama, yang saat ini masih terus dicari solusinya. Selain karena kondisi bangunan atau drainase yang sudah tua, juga ditenggarai warga yang enggan memberikan sedikit lahannya untuk jalur drainase.

“Kita juga sudah sering koordinasikan dengan masyarakat, namun memang masyarakat enggan. Itu jalur utama aliran dari UPCA ke Kacapiring dan ke Kenalibesar itu,” jelasnya.

Memang, rencana membongkar ulang drainase tersebut ada. Namun sepertinya harus tertunda lantaran membutuhkan anggaran yang besar mencapai Rp 2 miliar lebih. Selain itu juga karena persoalan pembebasan lahan, baik rumah warga yang terlalu dekat dengan drainase dan lainnya. “Mereka tidak mau memberikan untuk pelebaran. Untuk pendalaman tidak bisa lagi,” timpalnya.

Nantinya, jika hal ini masih terus berlangsung maka pihaknya hanya kan memprioritaskan penanganan di titik yang memungkinkan untuk diperbaiki. “Karena mengingat banyak titik lain yang harus diperbaiki. Jika masyarakat memang enggan memberikan lahannya, ya ditinggal saja, menunggu selanjutnya,” tukasnya. (*/sj)