Sempat Pinjam Pisau, Warga Jambi Tulo Akhiri Hidupnya di Pohon Belimbing

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI -- Sebelum akhiri hidupnya, Sukri (50) sempat pinjam pisau sama keponakannya. Tanpa memberitahukan maksud dan tujuannya. Ternyata pisau yang dipinjamnya untuk memotong tali jemuran milik keponakannya itu. Tali yang diperkirakan sepanjang dua meter tersebut ternyata digunakannya untuk mengakhiri hidup di pohon belimbing dengan cara gantung diri pada Minggu (5/9/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB di RT 02 Dusun Sungai Manggis Desa Bukit Baling, Sekernan.

Jasad warga Jambi Tulo, Kecamatan Marosebo itu  ditemukan pertama kali oleh keponakannya sendiri bernama Dedi. Dengan leher terjerat tali.

Melihat itu Dodi langsung berteriak minta tolong. Sehingga keluarganya dan warga sekitar berdatangan.

"Saya  datang, langsung rangkul tubuh korban. Sembari meminta Bang Dodi ambil parang untuk tetak tali yang terikat di batang belimbing," kata Lukman.

Sampai empat kali Dodi melompat, memotong tali tersebut. "Itu bekasnya. Ada tiga atau empat bekas  bacokan pada batang Belimbing. Padahal, memotong talinya bisa juga tanpa harus menetak tali yang terikat di batang Belimbing. Itulah kalau panik, " katanya.

Setelah  tali yang menjerat leher korban putus, Lukman bersama keluarga besarnya membawa korban ke Rumah Sakit Ahmad Rifin. Harapannya, nyawa korban bisa tertolong. 

"Korban sudah meninggal dunia. Kami kembali membawa korban kesini (Dusun Sungai Manggis)," ujar Lukman yang juga Ketua RT 02 di Dusun  Sungai Manggis.

Atas nama keluarga, Lukman membantah pemberitaan yang menyebutkan korban gantung diri gegara masalah keluarga. "Tidak ada masalah keluarga. Semuanya akur," ujarnya.

Hanya saja, sambungnya korban sebelumnya kerap melamun dan jarang makan. "Korban berubah jadi pendiam yang biasanya riang. Kemudian rajin salat. Sebelum gantung diri, korban Salat Isya dulu," katanya.

Di lokasi kejadian masih terpasang garis polisi. Juga tali jemuran sisa yang dipotong korban.

Kapolsek Sekernan, AKP Edi Bernawan melalui Kanit Reskrim Ipda Deden Ariadi mengatakan penyebab korban gantung diri ini masih dalam tahap Lidik.(*/sj)