Taliban Umumkan Pemerintah Baru Afghanistan

SWARAJAMBI.ID -- Pemerintah baru Afghanistan telah diumumkan Taliban. Mullah Hasan Akhund ditunjuk sebagai kepala pemerintahan Afghanistan. Sementara wakilnya adalah Mullah Abdul Ghani Baradar yang selama ini menjadi kepala kantor politik kelompok itu.

Pengumuman itu disampaikan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam konferensi pers di Kabul. 

Sementara untuk menteri dalam negeri, ditunjuk Sarajuddin Haqqani. Sarajuddin merupakan putra pendiri jaringan Haqqani yang disebut AS sebagai organisasi teroris.

Posisi menteri pertahanan diisi Mullah Mohammad Yaqoob, putra Mullah Omar. "Tetapi, semua yang ditunjuk berkapasitas sebagai pelaksana tugas atau bersifat sementara," kata Mujahid.

Tidak dijelaskan apa peran pemimpin Taliban Mullah Haibatullah Akhundzada dalam pemerintahan baru itu.

Akhundzada belum terlihat oleh publik sejak pemerintah dukungan AS runtuh dan Kabul dikuasai Taliban bulan lalu.

Penunjukan tokoh-tokoh penting dari berbagai elemen di kelompok garis keras itu tidak memberikan indikasi adanya konsesi apapun terhadap protes yang pecah di Kabul di hari sebelumnya, yang dibubarkan oleh Taliban dengan tembakan senjata ke udara.

Taliban telah berulang kali meyakinkan masyarakat Afghanistan dan dunia internasional bahwa mereka tidak akan menerapkan cara-cara kekerasan seperti yang mereka lakukan saat berkuasa dua dekade lalu.(*/sj)





Sumber: merdeka