Bikin Bangga, Merangin Jadi Pusat Universitas Terbuka di Jambi Barat


 SWARAJAMBI.ID, MERANGIN -- Kabupaten Merangin dinilai Direktur Universitas Terbuka (UT) Jambi Drs Muhammad Tair Abunaim MM sangat potensial. Karena itu Kabupaten Merangin akan menjadi pusat UT di kawasan Jambi Wilayah Barat. Sehingga kabupaten-kabupaten yang berada di sekitarnya akan menginduk ke Merangin.

‘’Kita pilih Merangin sebagai pusatnya UT di Jambi Wilayah Barat karena letak geografis kabupaten ini sangat strategis sekali, di kelilingi kabupaten-kabupaten lainnya dalam Provinsi Jambi maupun di luar Provinsi Jambi,’’ ujar Direktur UT Jambi Drs Muhammad Tair Abunaim MM ketika bersama rombongan bersilaturahmi dengan Bupati Merangin H Mashuri di rumah dinas bupati, Selasa (19/10).

"Mulai sekarang  sudah dilakukan penerimaan mahasiswa S2 di Merangin. Yang akan mulai belajar pada awal Januari 2022 mendatang," katanya lagi.

Ditanya jurusan apa saja yang dibuka? Dijelaskan Direktur UT Jambi ini, jurusan yang dibuka, seperti program pendidikan Magister (S-2) Pendidikan Dasar, Magister Administrasi Publik dan Magister Manajemen dan Magister Administrasi Pendidikan.

"Nanti para mahasiswa UT yang kuliah di Merangin ini, tidak hanya dari kalangan guru Sekolah Dasar (SD) dan pegawai yang ada di Merangin,  tapi juga dari kabupaten-kabupaten tetangga lainnya yang berinduk ke Merangin," katanya.

Sementara itu, Bupati Merangin H Mashuri menyambut gembira akan kehadiran UT di Merangin. Bahkan bupati akan segera mencari tempat, untuk perkuliahan perdana yang akan dibuka pada awal Januari 2022 nanti.

‘’Ini peluang yang akan langsung kita tangkap. Dimana kita memang sangat membutuhkan program pendidikan Magister (S-2), untuk para guru SD kita. Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar,’’ harap bupati.

Diakui bupati, dari silaturahmi dengan Direktur UT yang baru enam bulan bertugas di Jambi dan rombongan  itu, memang sudah disepakati, Merangin akan menjadi pusatnya UT untuk wilayah Jambi bagian barat.(*/sj)