Bikin Bangga, Pelajar SMAN 4 Kota Jambi Ini Raih Medali Emas Sebagai Juara Pelajar Se Sumatera di Bukit Tinggi

Bintang bersama Ketua Percasi Kota Jambi Ardi Hutabarat.

SWARAJAMBI.ID, JAMBI -- Meski masih muda, skill catur yang dimiliki Muhammad Bintang Saputra tak bisa dianggap enteng. Pelajar kelas 2 SMAN 4 Kota Jambi ini sudah menjuarai puluhan kompetisi. Baik itu ditingkat lokal maupun regional. 

Terbaru, kompetisi besar se Sumatera di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, yang menyatakan Bintang sebagai juaranya pada tahun 2021 ini.  Open Turnament Walikota Cup II Bukit Tinggi 2021 yang diikuti 72 peserta dari Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu,  Sumatera Selatan,  Riau, Lampung, dan Sumatera Barat itu Bintang meraih medali emas. Bintang memenangkan seluruh pertandingan kategori pelajar SMA se Sumatera tersebut yang dilaksanakan menggunakan sistem Swiss ini.

"Turnamen catur di Bukit Tinggi ini yang paling berkesan karena se Sumatera. Ya, banyak pecatur muda yang ikut dan semuanya masih pelajar dan mainnya bagus. Alhamdulillah,  Bintang mampu menjadi yang terbaik dan meraih medali emas sebagai juara pelajar tingkat SMA se Sumatera," terang Bintang,

Menurutnya, atmosfer yang dirasakan di Open Turnament Walikota Cup II Bukit Tinggi sangat berbeda dibanding dengan kompetisi yang diadakan di Jambi. Dimana dia harus berhadapan dengan perwakilan terbaik dari provinsi di Pulau Sumatera. Namun begitu, dia tetap berusaha setenang mungkin, agar bisa tetap menguasai jalannya pertandingan dan melancarkan strategi yang dia punya. 

"Alhamdulillah akhirnya bisa mengalahkan puluhan peserta, dan menjadi juara satu," imbuhnya.

Pecatur kelahiran Jambi ini telah banyak meraih prestasi di olahraga asah otak ini. Karena itu ia selalu menjadi andalan Percasi Kota Jambi setiap ada kejuaraan yang diikuti Percasi Kota Jambi.

Diantara prestasinya yang telah mengangkat nama Bintang terkenal adalah peraih emas kategori usia 13 tahun  pada Kejuaraan Daerah (kejurda) Catur tahun 2017 di Kota Jambi. Kemudian juara U 15 tahun Kejurda Catur 2019 di Kabupaten Kerinci. Juara pelajar SMA se Provinsi Jambi pada tahun 2020 yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora)  Provinsi Jambi.

"Di kejuaraan pelajar ini saya bawa pulang piala tetap. Saya mewakili SMAN 4 Kota Jambi," ujar Bintang.

Bintang mengaku menyukai olahraga catur karena unik dan permainannya menarik. Disamping itu punya banyak tantangan. "Sehingga saya termotivasi untuk terus berlatih agar bisa memenangi pertandingan. Karena lawan-lawan yang dihadapi pasti punya strategi baru," jelasnya.

Selama ini Bintang dilatih kemampuan bermain catur oleh  MN Miduk Hutabarat. Lewat pengetahuan dan pengalaman pelatihnya yang bergelar Master Nasional tersebut Bintang akhirnya bisa menjadi juara. 

"Saya dilatih MN Miduk Hutabarat, sampai sekarang.  Sebagai pelatih, MN Miduk Hutabarat tak pernah marah, namun murah senyum, penyayang dan penyabar, sehingga apa yang dikasih tahunya bisa saya serap dengan baik. Terima kasih MN Miduk Hutabarat," pungkasnya.(*/sj)