Gantikan Hadiyanto, Sriyanto Resmi Jabat Dandim 0415 Jambi

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Kol Czi Sriyanto resmi menjadi Dandim 0415 Jambi usai menerima jabatan (sertijab)  Dandim 0415 Jambi, Senin (25/10) di Makodim 0415 Jambi. Sriyanto menggantikan Kol Inf J Hadiyanto yang  dipromosikan ke Pamen Mabes TNI di Aspers Danpaspampres. Sertijab  langsung dipimpin Danrem 042 Garuda Putih (Gapu), Brigjen TNI M Zulkifli.

Sriyanto mengaku  baru pertama kali menjabat di Sumatera dan  merasa seperti di rumah sendiri. "Meski baru pertama kali ke Jambi,  saya sudah disambut hangat , saat berkunjung ke Kabupaten Batanghari dan Muarojambi, yang merupakan dua wilayah Kodim 0415/Jambi selain Kota Jambi. Baik itu dari masyarakat maupun  jajaran anggota," kata Sriyanto.

Tak hanya itu, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Pamen Denmabes AD ini mengapresiasi budaya melayu yang ada di Jambi. Ia merasa budaya melayu di Jambi sangat subur. "Dengan begitu kita bisa lebih mudah bersinergi dalam melaksanakan tugas," kata dia.

Tentu dengan hal itu, sambung pria yang juga pernah menjabat sebagai Dandim 1413/Buton, Sulawesi Tenggara ini berharap, semua pihak dapat bersinergi salah satunya dalam penanganan Covid-19, vaksinasi hingga kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muarojambi dan Batanghari.

"Kita tidak dapat berdiri sendiri. Kita akan libatkan stakeholder terkait untuk mengejar dan menangani hal ini. Ini untuk kepentingan bersama, termasuk di antaranya dengan melibatkan masyarakat sebagai informan pertama agar penanganan dapat semakin cepat," singkatnya.

Sementara itu, menurut Brigjen TNI M Zulkifli, sertijab di TNI AD adalah hal yang lumrah dan dialami setiap prajurit. Diharapkan, dengan kehadiran Dandim yang baru, Kodim 0415 Jambi dapat lebih baik lagi ke depannya.

Diakuinya, setelah lebih satu tahun bersama, banyak kegiatan yang prioritas dilaksanakan dari masalah penanganan Covid-19 hingga menanggulangi bencana karhutla.

"Alhamdulillah luar biasa, dua tahun dipimpin Kolonel J Hadiyanto ini karhutla relatif aman dan pengangan Covid-19 sudah cukup baik," ujar Zulkifli.

Ia juga berpesan kepada Dandim yang baru Kolonel Czi Sriyanto agar menjalankan tugas dengan naik. "Pelajari yang menjadi tugas utama, karena Kodim jadi haluan pertama dalam menjalankan tugas. Selanjutnya, penanganan Covid-19 harus semakin baik lagi," harapnya.

"Selalu koordinasi dengan pihak pemerintahan dan kepolisian dan pihak lainnya," imbuh Zulkifli. Ditanya hal apa yang membekas di benaknya selama berkoordinasi dengan Kol Inf J Hadiyanto, dirinya tak begitu banyak mengungkapkannya. "Saya rasa selama ini baik-baik saja, semua sama. Tentu kondisinya ada yang naik dan turun, ini juga hal yang biasa," tukasnya. (*/sj)