Indonesia Juara Piala Thomas 2020

SWARAJAMBI.ID -- Indonesia kembali  memboyong Piala Thomas ke Tanah Air.  Penantian panjang 19 tahun Indonesia itu kini terbayarkan dengan keberhasilan di Ceres Arena, Denmark, usai mengalahkan China dengan skor 3-0. Piala Thomas 2002 yang berlangsung di Guangzhou, China menjadi terakhir kali Indonesia mampu memenangkan turnamen itu. 

Tim Thomas Indonesia memastikan kemenangangnya diawali dari peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Anthony Sinisuka Ginting.  Anthony sukses menjalani partai pembuka dengan  mengalahkan Lu Guang Zu 18-21, 21-14 dan 21-16.

Anthony menang sesudah berjuang dalam durasi 77 menit. Anthony sempat bermain tidak nyaman di game pembuka. Dari awal terus tertinggal dalam perolehan skor.

Pasangan ganda putra pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menambah keunggulan Indonesia atas China. Peraih perak Asian Games 2018 ini sukses menekuk He Ji Ting/Zhao Hao Dong, 21-12, 21-19.

Pasangan peringkat tujuh dunia ini memang selalu unggul dari awal. Permainan yang lebih kompak dan rotasi yang lebih solid, membawa Fajar/Rian tampil bagus. Sementara lawan yang bukan pasangan asli, juga kerap kedodoran, terutama di gim pertama.

Tunggal putra Jonatan Christie memastikan Indonesia juara sesudah memenangi partai ketiga atas Li Shi Feng 21 14,18-21 dan 21-14. Indonesia pun unggull 3-0 untuk memastikan Piala Thomas kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi.(*/sj)